Sukses

Djarot: Terminal Pulogebang Siap Layani Pemudik Mulai Besok

Djarot menyampaikan agar Dinas Perhubungan DKI terus mengecek ulang, baik kendaraan umum untuk mudik maupun mengecek kesehatan sopir.

Liputan6.com, Jakarta - Pemprov DKI menggelar apel kesiapan angkutan Lebaran Idul Fitri 2017/1438 H di Terminal Terpadu Pulogebang, Jakarta Timur, pada Rabu pagi. Apel ini untuk memastikan arus mudik dan arus balik nanti akan berjalan lancar.

Pelaksana tugas (Plt) Gubernur DKI Djarot Saiful Hidayat menjadi inspektur acara yang dihadiri Dinas Perhubungan, Kepolisian, TNI, dan Pramuka itu. Demikian pula perwakilan pengusaha otobus dan Satpol PP DKI.

Dalam sambutannya, Djarot menyampaikan agar Dinas Perhubungan DKI terus mengecek ulang, baik kendaraan umum untuk mudik maupun mengecek kesehatan sopir.

"Terminal ini harus ditingkatkan pelayanannya, karena terbesar se-Asia Tenggara. Petugas harus siap H-10, artinya besok harus siap. Pesan untuk Dishub cek ulang, cek ulang kendaraan mudik dan pastikan seluruh kendaraan umum dalam kondisi laik jalan," kata Djarot di lokasi, Rabu (14/6/2017).

Dia mengatakan tahun ini akan ada kecenderungan kenaikan jumlah pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi, yakni sekitar 9,4 juta kendaraan akan meninggalkan Jakarta. "Saya imbau masyarakat yang gunakan kendaraan pribadi harus mengecek ulang kendaraan masing-masing," ujar Djarot.

Posko Mudik Diaktifkan

Sementara itu, Kepala Dishub DKI Andri Yansyah mengatakan Pemprov DKI telah mengaktifkan posko mudik bersama di tiga terminal utama, yaitu Pulogebang, Rambutan, dan Kalideres. Sementara lima terminal bantuan adalah Pinang Ranti, Tanjung Priok, Angke, Grogol dan Lebak Bulus.

"Pelabuhan Tanjung Priok, Angke, Stasiun Jakarta Kota, Gambir, Senen. Stasiun bantuan yakni Tanjung Priok, Manggarai, Tanah Abang dan Jatinegara. Serta dua bandar udara, yaitu Soekarno-Hatta dan Halim Perdana Kusuma," ujar Andri.

Dia menyebut telah melakukan pengecekan tahap awal ke 710 bus dan tes kesehatan pengemudi. Sedangkan kesiapan armada bus reguler AKAP berjumlah 3.011, bus kota PPD Mayasari 250 bus dan bus pariwisata 313. "Jadi total 3674 bus," kata Andri.

Selain itu, untuk mengantisipasi lonjakan pemudik, pemerintah dan swasta menyediakan mudik gratis. "Pelepasan 440 bus mudik gratis dari TMII dan 231 bus dari Kemenhub," jelas Andri.

 


Saksikan video menarik di bawah ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.