Sukses

Alasan Megawati Dipilih Jadi Ketua Dewan Pengarah UKP Pancasila

Liputan6.com, Jakarta - Setelah dilantik, seluruh Dewan Pengarah dan Kepala Unit Kerja Pembinaan Ideologi Pancasila (UKP-PIP) mengadakan pertemuan dengan Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Dari pertemuan itu, Megawati Soekarnoputri terpilih menjadi Ketua Dewan Pengarah UKP-PIP.

Menurut Ketua UKP-PIP Yudi Latif, Megawati dipilih sebagai ketua dewan lantaran dia mewakili arus Pancasila tertentu. Meskipun, kata dia, dalam susunan pengurus UKP-PIP, masing-masing tokoh mewakili arus Pancasilanya sendiri.

"Megawati penting terwakili karena mewakili arus Pancasila tertentu. Mahfud MD tafsir Pancasila Orde Reformasi. Biar saja bagaimana mereka mencari titik temunya," ujar Yudi usai buka puasa bersama di rumah dinas Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah di Jakarta, Selasa 13 Juni 2016 malam.

Yudi menegaskan, terpilihnya Megawati menjadi Ketua Dewan UKP-PIP bukan karena ada maksud tertentu. "Tidaklah (tidak ada sesuatu)," kata dia.

Ia menyebut, dalam susunan pengurus UKP-PIP masing-masing memiliki pandangan tersendiri soal Pancasila. Namun hal ini, kata Yudi, justru dapat membangkitkan Pancasila kembali.

"Menarik di pertemuan sidang dewan pengarah pertama. Itu landscape perbedaan pandangan terjadi. Ada Try Sutrisno yang membawa aspirasi Pancasila Orde Baru, di situ kencang kembali ke UUD 1945," paparnya.

Kemudian, kata dia, ada Syafii Maarif dan Mahfud MD yang jelas tak mau kembali ke UUD 1945. "Jadi kontestasi di dalamnya juga menarik," pungkas Yudi.



Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:



Artikel Selanjutnya
Agus Yudhoyono Mengaku Rindu Blusukan di Jakarta
Artikel Selanjutnya
Ahok Tetap di Depok