Sukses

Ratusan Pengungsi di Irak Keracunan Makanan, 2 Tewas

Ratusan pengungsi di sebuah kamp di wilayah utara kota Mosul Irak keracunan makanan.

Fokus, Irak - Keracunan massal terjadi di sebuah kamp pengungsi yang berada di wilayah utara kota Mosul Irak. Lebih dari 700 warga pengungsi dilarikan ke rumah sakit dan dua orang di antaranya meninggal.

Seperti yang ditayangkan Fokus Pagi, Rabu (14/6/2017), seorang anggota parlemen Irak dan televisi nasional Arab Saudi menuding penyebab keracunan karena makanan dari bantuan pemerintah Qatar. Namun, tudingan itu belum terbukti, dan pemerintah Qatar sendiri belum memberikan klarifikasi terkait tudingan tersebut.

Menteri Kesehatan Irak, Adila Hamoud mengatakan, sehari sebelumnya di kota Baghdad 752 orang menderita sakit setelah mengkonsumsi makanan bantuan di kamp pengungsi Hassan Sham.

Makanan tersebut yang merupakan bantuan organisasi non-pemerintah disediakan untuk berbuka puasa. Hamoud mengatakan, seorang wanita dan gadis remaja tewas akibat keracunan, sementara 300 orang kondisinya masih kritis.

Departemen kesehatan Irak saat ini masih melakukan penyelidikan apakah dua kasus keracunan itu karena faktor kesengajaan atau bukan.