Sukses

Solusi Djarot Atasi Tabrakan Kereta di Perlintasan Sebidang

Tabrakan kereta dengan mobil pick up terjadi di perlintasan kereta api Jalan Kembang Pacar, Kramat, Jakarta Pusat.

Liputan6.com, Jakarta - Tabrakan kereta dengan mobil pick up terjadi di perlintasan kereta api Jalan Kembang Pacar, Kramat, Jakarta Pusat.

Menanggapi hal tersebut, Plt Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat mengatakan, penyebab kecelakaan itu karena masih banyaknya perlintasan sebidang. Sebagai solusinya, kata Djarot, saat ini DKI terus membangun Flyover dan underpass.

"Kemarin sudah kita undang direktur keselamatan perkereta apian. Kita sudah diskusikan untuk wilayah Jakarta pembangunan flyover dan underpass itu kan dalam rangka menghindari perlintasan sebidang," ujar Djarot di GOR Soemantri Brojonegoro, Selasa 13 Juni 2017 malam.

Dengan adanya flyover dan underpass, lanjut Djarot, maka perlintasan sebidang dapat ditutup dan menghindari kecelakaan.

"Supaya sama-sama selamatnya," ujar Djarot

Djarot mengaku tak dapat menutup perlintasan sebidang saat ini, sebab akan menimbulkan kemacetan yang parah.

"Kalau sekarang ditutupin (perlintasan sebidang) semua ini macetnya luar biasa. Saya bilang kita lagi gencar pembangunan terutama Jaksel ini pembangunannya luar biasa, baik flyover, LRT, MRT, di Fatmawati," ujar dia.

Djarot menargetkan, tahun depan transportasi dan pembangunan di Jakarta sudah selesai sehingga kecelakaan berkurang.

"Kita bersabar sedikit tahun depan sudah mulai berkurang, apalagi kalau transportasinya udah bagus. Sistem transportasi publiknya ya. Tahun 2019 itu sudah ready semua. 2018 LRT sudah bisa digunakan, MRT sudah bisa berfungsi," kata Djarot.

"Kita itu bukan hanya mikir mengamankan jalur kereta apinya doang, tapi juga mengamankan dari stasiun, bisa busway, taksi, motor, mobil. Bukan hanya keselamatan perkeretaapian, tapi juga keselamatan di jalan raya," tambah Djarot.

 

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.