Sukses

Tol Pejagan - Pemalang Disterilkan Jelang Mudik Lebaran

Berbagai persiapan dilakukan demi kelancaran arus mudik Lebaran 2017.

Fokus, Jakarta Berbagai persiapan dilakukan demi kelancaran arus mudik Lebaran 2017. Hari Ini, petugas mulai mensterilkan jalan Tol Pejagan-Pemalang dari lalu lalang warga sekitar.

Seperti ditayangkan Fokus Sore Indosiar, Selasa (13/6/2017), petugas memasang sejumlah baliho larangan memasuki jalan tol bagi pengendara sepeda motor di sejumlah titik exit tol. Selain itu, petugas Satlantas Polres Tegal juga berpatroli di sepanjang ruas tol untuk memastikan tidak ada lagi warga yang melintas sembarangan.

Ruas tol ini akan difungsikan sebagai jalur mudik mulai 15 Juni mendatang. Sisi kiri dan kanan tol juga sudah dilengkapi rambu lalu lintas, namun belum ada lampu penerangan.

Di jalur Pantura Cirebon, petugas memberlakukan larangan berjualan di pinggir jalan mulai 7 hari sebelum Lebaran. Para pedagang hanya boleh berjualan di dalam pasar.

Seperti di pasar tumpah terbesar Tegal Gubuk, yang kerap menjadi titik kemacetan, para pedagang siap mengikuti aturan demi kelancaran arus mudik. Di jalur ini, masih ada lima pasar tumpah lainnya yang mesti diantisipasi pemudik, seperti Pasar Minggu, Pasalaran, Mundu, Celancang, dan Pasrar Gebang.

Kementerian perhubungan mengeluarkan maklumat mudik Lebaran 2017. Selain larangan bagi truk barang sejak H-7 kecuali truk sembako dan truk BBM, warga kembali diimbau tidak menggunakan sepeda motor demi keselamatan. Jika terpaksa digunakan, harus sesuai aturan.

Untuk mencegah kemacetan di exit Tol Brebes atau dikenal Tol Brexit seperti tahun lalu, kendaraan akan dipaksa keluar di pintu tol terdekat ke jalan non tol.