Sukses

Canda Jokowi di Ruang Wartawan Istana Kepresidenan

Jokowi sempat mengomentari bentuk kursi yang tak biasa. Bentuk lengkung ini dirasa cukup unik.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi tiba-tiba mendatangi ruang wartawan Istana Kepresidenan, Jakarta. Dia meninjau langsung ruangan pasca direnovasi setahun lalu.

Kedatangan Jokowi sangat mendadak. Tak ada tanda apapun, kecuali kedatangan pasukan pengamanan presiden (Pasmpamres) ke ruangan. Mereka berkeliling ke setiap sudut ruangan.

"Petugas bersih-bersih ruangan ke mana?" kata seorang petugas Paspampres usai melihat bagian dapur, Jakarta, Selasa (13/6/2017).

Paspampres juga mengingatkan awak media untuk merapikan barang-barang yang terlihat berserakan di beberapa sudut ruangan. Kondisi ini tak biasa dilakukan Paspampres sampai akhirnya dia memberitahukan Jokowi akan datang meninjau.

"Nanti Pak Presiden datang ya. Tolong barang-barang yang diletakkan yang benar, biar terlihat rapi," sambung dia.

Hanya 5 menit berselang, Jokowi tiba di ruang wartawan. Dia tampak masih mengenakan baju batik coklat yang dikenakannya saat membagikan sembako kepada warga Penjaringan, Jakarta Utara.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu melangkah santai ke dalam ruangan. Mensesneg Pratikno dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung tampak mengikuti di belakang Jokowi.

Setibanya di dalam, Jokowi berhenti di tengah ruangan sambil melihat ke sekeliling. Dia tersenyum melihat ruang wartawan yang sudah sangat baik.

"Mereka ikut desain lho Pak. Dulu keluhannya musala, Pak, sekarang sudah bagus," kata Pratikno.

Jokowi terus melihat setiap sudut ruangan sambil mengangguk. Dia kemudian duduk di kursi oranye abu-abu berbentuk lengkung di tengah ruangan.

"Pantry-nya juga bersih dan bagus," kata Pramono.

Jokowi kemudian berdiri dari duduk dan beranjak ke pantry tempat makanan disajikan setiap siang dan sore hari. Setelah beberapa menit meninjau, mantan Wali Kota Solo itu kembali duduk di kursi.

"Apa lagi yang kurang?" tanya Jokowi.

Awak media kemudian menyampaikan masih kurangnya stop kontak di ruangan. Keberadaan stop kontak dirasa kurang jumlahnya dan lokasinya tidak begitu mudah diakses.

"Kalau kurang ya gantian," sahut Jokowi.

Kondisi ruang wartawan memang tidak begitu banyak awak media. Sebagian wartawan masih dalam perjalanan menuju Istana selepas acara di Penjaringan.

Jokowi sempat mengomentari bentuk kursi yang tak biasa. Bentuk lengkung ini dirasa cukup unik. Dia bahkan berkelakar kursi ini kerap digunakan untuk tidur.

"Wah pas sekali ini bentuknya untuk tidur. Bagus sekali ini, nyaman, nyaman sekali," ucap Jokowi sambil tertawa.

Setelah melayani beberapa pertanyaan seputar Hak Angket KPK di DPR, Jokowi melanjutkan peninjauan ke beberapa ruangan lain. Seperti musala, ruang tunggu tamu, dan toilet di luar ruang wartawan.

 

Saksikan video menarik ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.