Sukses

Irman Ungkap Kode Bagi-bagi Uang Korupsi E-KTP untuk Parpol

Menurut irman, catatan itu berisikan kode-kode angka dan warna, yang merincikan rencana pembagian uang korupsi e-KTP

Liputan6.com, Jakarta - Terdakwa dalam kasus dugaan korupsi e-KTP Irman menyebut adanya catatan rencana penyerahan uang kepada sejumlah anggota DPR.

Irman mengatakan pada 2011, Sugiharto yang merupakan anak buahnya, memberikan secarik kertas yang berisi catatan kepadanya. Catatan itu diberikan Andi Narogong kepada Sugiharto yang diteruskan kepada Irman. Rupanya, catatan itu berisi rencana penyerahan uang kepada sejumlah pihak.

"Setelah saya ketemu Sugiharto, lebih lengkapnya ada catatan Rp 520 miliar," kata Irman saat memberikan keterangan sebagai terdakwa di PN Tipikor Jakarta Pusat, Senin (12/6/2017).

Menurut mantan terdakwa korupsi e-KTP ini, catatan itu berisikan kode-kode angka dan warna, yang merincikan rencana pembagian uang tersebut. Rp 150 miliar untuk Partai Golkar dituliskan K yang artinya kuning.

Selanjutnya, adalah inisial B yaitu biru untuk Partai Demokrat sebesar Rp 150 miliar dan M kode untuk warna Merah atau PDIP sebesar Rp 80 miliar.

Sedangkan, untuk sejumlah anggota DPR diberikan insial MA atau Marzuki Alir sebesar Rp 20 miliar dan AU adalah Anas Urbaningrum sebesar Rp 20 miliar. Kemudian, CH adalah Chairuman Harahap sebesar Rp 20 miliar dan inisial LN yaitu partai lainnya sebesar Rp 80 miliar.

Ia mengatakan pembagian uang tersebut tidak akan terjadi jika tidak ada kesepakatan sebelumnya antara Andi dengan pihak konsorsium.

"Tidak akan terjadi (pembagian uang) kalau tidak ada kesepakatan dengan konsorsium," jelas Irman.


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.