Sukses

Top 3 News Hari Ini: Sopir Transjakarta Tuntut Gaji 3 Kali Lipat

Top 3 News Hari ini, 300 peserta aksi meminta pihak manajemen Transjakarta mengangkat mereka jadi karyawan tetap dan minta naik gaji.

Liputan6.com, Jakarta - Top 3 news hari ini, ratusan karyawan Transjakarta, siang tadi melakukan aksi mogok kerja di Kantor PT Transjakarta di kawasan Cawang, Jakarta Timur.

Dalam tuntutannya, sekitar 300 peserta aksi meminta pihak manajemen Transjakarta mengangkat mereka  menjadi karyawan tetap dan minta naik gaji tiga kali lipat dari Upah Minimum Provinsi (UMP).

Sementara itu, gempa 6,3 Skala Richter yang mengguncang Sukabumi, getarannya juga terasa hingga wilayah Jakarta,  Bandung, Cianjur, Depok, Kota Bogor, dan Garut.

Meski tidak menimbulkan kerusakan parah pada bangunan dan korban jiwa, tingkat goncangan yang dirasakan warga Bandung jauh lebih kuat.

Hingga malam ini berita terebut paling banyak menyita perhatian pembaca Liputan6.com, terutama di kanal News, Kamis (8/6/2017).

Berikut berita terpopuler dalam Top 3 News Hari Ini:

1. Ratusan Karyawan Transjakarta Mogok Kerja

karyawan Transjkarta mogok kerja. (Liputan6.com/Muhammad Ali)

Sekitar 300 karyawan Transjakarta melakukan unjuk rasa di Cawang, Jakarta Timur. Mereka meminta manajemen PT Transjakarta memperhatikan kesejahteraan karyawan.

"Tuntutan kami, tidak adanya kontrak kerja berkesinambungan. Ada pengangkatan karyawan tetap. Ada yang sudah 10 tahun kerja masih kontrak, belum diangkat. Padahal menurut undang-undang itu harus diangkat. Juga tentang upah karyawan, yaitu gaji sesuai yang dijanjikan gubernur 3 kali UMP," kata seorang peserta aksi, Eldyral saat dihubungi Liputan6.com, Jakarta, Senin (12/6/2017).

Mereka menuangkan tuntutan tersebut dalam petisi. Mereka memberikan waktu kepada manajemen PT Transjakarta untuk mempelajarinya.

"Pihak manajemen sudah menerima kami. Mereka akan mempelajari tuntutan. Kami memberikan waktu 2X24 jam. Jika tidak dipenuhi petisi tersebut, kami akan melakukan aksi lebih besar," ujar dia.

Selengkapnya...

2. Gempa Sukabumi Dirasakan hingga Jakarta dan Bekasi

Ilustrasi gempa

Gempa berkekuatan 6,3 Skala Richter di wilayah Sukabumi juga dirasakan di sejumlah wilayah lainnya di sekitar Jawa Barat hingga ke Jakarta.

Menurut Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo, beberapa wilayah di sekitar Sukabumi, seperti Bandung, Cianjur, Depok, Kota Bogor, Garut, Kabupaten Bandung juga merasakan gempa.

"Getaran lemah selama 3 detik Jakarta dan Bekasi. Masyarakat yang tinggal di gedung bertingkat merasakan guncangan dengan intensitas sedang. Lampu bergoyang dan perabotan rumah bergetar," kata dia. 

"Namun gempa dirasakan cukup kuat di Bandung selama 3-5 detik. Meja terasa bergetar. Sebagian masyarakat keluar rumah," kata dia.  

Selengkapnya...

3. Tarik Ulur Kepulangan Rizieq Shihab

Rizieq Shihab dan Firza Husein

Kabar kepulangan Rizieq Shihab ke Indonesia yang disebut-sebut akan disambut sekitar lima juta orang, membuat Polda Metro Jaya bersiap-siap mengawalnya hari ini, Senin 12 Juni.

Kabar pengamanan ini pun tersiar dari beredarnya Surat Perintah (Sprin) dari Polres Metro Bandara Soekarno Hatta. Isi Sprin menyebutkan permintaan kesiapan pengamanan antisipasi kepulangan Rizieq dari Arab Saudi.

"Kalau memang kapan dia kembali, kapan dia pulang, kita sudah punya rencana siap mengantisipasi. Namun, surat itu draf saja. Jadi belum ada diberlakukan dan belum berlaku," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Polisi Rikwanto di Djakarta Theater, Jakarta, Sabtu 10 Juni 2017.

Sementara, Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Pol Setyo Wasisto membantah bahwa surat itu dikeluarkan oleh pihak Kepolisian.

Kabar kepulangan Rizieq ke Indonesia masih tarik ulur. Bahkan, Rizieq kabarnya memilih tinggal lama di Arab Saudi.

Selengkapnya...

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini