Sukses

Ke Banyuwangi, Khofifah Dekati Bupati Anas untuk Pilgub Jatim?

Liputan6.com, Banyuwangi - Lembaga survei Poltracking memetakan empat kandidat kuat yang akan bersaing di Pilgub Jawa Timur 2018. Mereka adalah Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, dan Wagub Jawa Timur Saifullah Yusuf.

Namun, ada pemandangan menarik saat Khofifah dan Azwar Anas bertemu di Kecamatan Kalibiru, Banyuwangi, dalam rangka kunjungan kerja Program Keluarga Harapan (PKH). Keduanya terlihat akrab, sehingga memunculkan dugaan kalau Khofifah dan Azwar Anas akan berpasangan di Pilgub Jatim 2018.

"Ya, teman-teman terutama kiai, habib, warga di sini (Banyuwangi) mengkehendaki Bu Khofifah yang memimpin Jawa Timur. Kalau pasangan yang tepat itu ya dengan seorang yang sudah berpengalaman di birokrasi, penuh kreasi dan inovasi," ujar Iskandar Zulkarnaen, perwakilan Komunitas Pendukung Khofifah kepada Liputan6.com di Banyuwangi, Minggu, 11 Juni 2017.

Menanggapi hal tersebut, Khofifah pun tak sungkan memuji kinerja Bupati Anas dalam memimpin Banyuwangi. Menurut dia, gaya Anas cocok dijadikan role model positif karena menunjukkan negara selalu hadir.

"Banyuwangi ini kan role model menurut saya, menunjukkan gimana negara hadir. Dari sudut jam kerja di sekretariat pedesaan ada layanan hingga jam 11 malam, saya surprise," ujar Khofifah saat Bupati Anas menunjukkan salah satu contoh kinerja kantor desa di Banyuwangi.

Senada dengan itu, Bupati Anas pun demikian. Dia mengatakan, kinerja Kemensos di bawah naungan Khofifah sangat bagus dan hendak diteruskan jangkauan programnya hingga ke daerah lebih banyak lagi.

"Ya, sebagai Mensos teruskan program di daerah lebih banyak lagi," ujar Anas seraya tersenyum.

Sebelumnya diberitakan, Khofifah belum ingin terburu-buru meski banyak yang menjagokan namanya di Pilgub Jatim 2018. Dia ingin tetap fokus dalam tugasnya sebagai Menteri Sosial di Kabinet Kerja.

"Jangan buru-buru. Saya hari ini masih mengemban mandat jadi Mensos, tidak baik kalau dianggap loncat-loncat. Biarlah mengikuti tahapan, mengalir saja. Dan jika memang waktunya dan memungkinkan untuk saya jawab, pasti saya jawab," ucap dia.

Pantauan Liputan6.com di Banyuwangi, Khofifah dan Anas tampak menyambangi rumah seorang tokoh Nahdatul Ulama di Banyuwangi dalam agenda silaturahmi. Beserta rombongan, mereka kemudiam mengunjungi sebuah resto ayam pedas favorit warga setempat.


 

Artikel Selanjutnya
PDIP Jatim Targetkan Menang di 12 Pilkada
Artikel Selanjutnya
Tokoh Muhammadiyah Jatim Dukung Khofifah Maju Pilgub