Sukses

Polda Jatim Buru Teman Terduga Penghina Presiden

Seorang pria bernama Burhanudin ditangkap Ditreskrimsus Polda Jatim karena diduga menghina Presiden Jokowi melalui akun media sosial.

Liputan6.com, Surabaya - Seorang pria bernama Burhanudin ditangkap Direktorat Reserse Kriminal Khusus Kepolisian Daerah Jawa Timur (Ditreskrimsus Polda Jatim). Pria yang ditangkap pada Rabu 7 Juni lalu itu diduga menghina Presiden Jokowi melalui akun media sosial Facebooknya yang bernama Elluek Ngangeni.

"Dia akun media sosial facebooknya itu pelaku ini pakai nama Elluek Ngangeni dia mengunggah foto Presiden Joko Widodo seperti tukang tambal ban," kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Kepolisian Daerah Jawa Timur Kombes Frans Barung Mangera, di Surabaya, Sabtu (10/6/2017).

Barung menambahkan, pelaku juga ternyata menaruh simpati terhadap kelompok Front Pembela Islam (FPI) sehingga melakukan hal tersebut.

"Pelaku ini dalam melakukan tidak sendiri, dia juga melakukan bersama rekan lainnya dan sampai saat ini kami masih lakukan pengejaran karena melecehkan kepala negara," tegas Barung Mangera.

Pelaku, lanjut Barung, dijerat UU ITE. "Ya ada UU lain selain ITE, tapi kami masih melakukan penyelidikan lebih lanjut," imbuh dia.

Kabid Humas Polda Jatim ini juga mengimbau agar masyarakat berhati hati dalam bermedia sosial.

"Kalau yang diunggah itu presiden seperti tukang tambal ban, presiden melakukan hal yang seperti itu, maka ada hukum yang menjeratnya, yakni Undang-Undang Informasi Transaksi Elektronik (ITE) yang nanti kami kenakan," tutup Barung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.