Sukses

Blusukan Pakai Kets dan Jins, Cara Jokowi Hilangkan Kesan Angker

Kesan angker juga ingin dikikis Jokowi saat menunaikan salat magrib di pos polisi Tol Jagorawi.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menjalani kunjungan kerja ke Tasikmalaya, Jawa Barat, dengan gaya berpakaian lebih santai dari biasanya. Dalam kunjungannya itu, Jokowi tampak mengenakan kemeja putih lengan panjang dipadankan dengan celana jins biru dan sepatu kets abu-abu.

Cara berpakaian Jokowi yang berbeda dari biasanya ini dianggap pihak Istana sebagai cara Presiden ke-7 RI itu menghilangkan kesan angker seorang kepala negara.

"Menurut saya, Presiden yang seperti ini ya fine-fine saja, artinya Beliau tidak terikat oleh norma yang selama ini ada bahwa presiden itu harus angker," ujar Sekretaris Kabinet Pramono Anung di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (9/6/2017).

Jokowi memang sudah beberapa kali tampil beda di beberapa kegiatan. Misalnya saja saat mengenakan jins di acara TNI di Natuna, Kepulauan Riau.

Kesan angker juga ingin dikikis saat mantan Gubernur DKI Jakarta itu salat magrib di pos polisi Tol Jagorawi.

"Presiden Jokowi adalah yang bisa bekerja tanpa harus tersekat-sekat dalam persoalan formalitas dan protokoler. Menurut saya sebenarnya hal yang menunjukkan kerja yang efektif tanpa harus terbelenggu oleh protokoler dan menurut saya menterinya juga harusnya seperti itu," jelas Pramono.

Ruwetnya protokoler yang selama ini melekat dari seorang Presiden tidak begitu tampak diberlakukan kepada Jokowi. Dia bahkan sosok yang tidak begitu memedulikan penampilan.

"Karena dalam sidang kabinet beberapa kali menteri pakaiannya santai, kalau dulu mungkin tidak bisa masuk Istana, tapi sekarang saya juga pakai sepatu kets biasa saja," ucap politisi PDI Perjuangan itu.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi