Sukses

Cara Jokowi Jamin Anak Indonesia Dapat Pendidikan Layak

1.500 KIP ini dibagikan kepada 575 siswa SD, 238 siswa SMP, 133 siswa SMA, dan 340 siswa SMK di wilayah Tasik, Jawa Barat.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) membagikan 1.500 Kartu Indonesia Pintar (KIP) kepada para siswa di Tasikmalaya, Jawa Barat. Hal ini dilakukan agar anak Indonesia mendapat akses pendidikan layak.

Acara ini merupakan kegiatan pertama Jokowi saat kunjungan kerja di Tasikmalaya. KIP dibagikan di SMP Negeri 2 Kota Tasikmalaya.

"Saya senang sekali pada pagi hari ini saya bisa bertemu dengan anak-anak semua," kata Jokowi di lokasi, Jumat (9/6/2017).

Sebanyak 1.500 KIP dibagikan kepada 575 siswa SD, 238 siswa SMP, 133 siswa SMA, dan 340 siswa SMK. Sedangkan, untuk kelompok belajar paket A sebanyak 40 siswa, paket B 61 siswa, dan paket C 113 siswa.

Jokowi mengingatkan dana yang ada di KIP harus digunakan untuk keperluan sekolah, bukan untuk hal-hal yang tidak terkait dengan kebutuhan sekolah. "Ini bukan untuk jajan apalagi beli pulsa, bukan buat yang lain-lain," imbuh dia.

Setiap tingkatan pendidikan mendapatkan dana yang berbeda. Siswa SD mendapatkan bantuan Rp450 ribu, siswa SMP menerima Rp750 ribu dan siswa SMA/SMK mendapatkan Rp1 juta.

Dengan adanya KIP, diharapkan siswa terus melanjutkan pendidikan dan tidak putus sekolah.

"Untuk menjamin dan memastikan seluruh anak usia sekolah dari keluarga kurang mampu memperoleh pendidikan yang layak," ujar Jokowi.

Jokowi juga meminta para siswa untuk maju dan menjawab sejumlah pertanyaan. Mereka yang bisa menjawab mendapatkan sepeda Jokowi.

"Saya ingin titip kepada anak-anak semuanya belajar yang baik," ucap dia.

Turut mendampingi Presiden, Menteri Kesehatan Nila Moeloek, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki, dan Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi