Sukses

Kapolda Metro Jaya Tinjau Sejumlah Titik Jalur Mudik

Kapolda Metro Jaya memantau langsung akses keluar dari Ibu Kota menuju sejumlah daerah melalui jalur darat.

Liputan6SCTV, Jakarta - Kapolda Metro Jaya memantau langsung akses keluar dari Ibu Kota menuju sejumlah daerah melalui jalur darat. Titik pertama yang menjadi perhatian adalah KM 10 Cikunir, yang disebut sebagai trouble spot atau pertigaan rawan kemacetan, karena penyempitan jalan.

Menyambut arus mudik Lebaran, di titik ini akan disiapkan empat pos pantau dengan 25 personel untuk membantu mengurai kemacetan. Seperti dalam tayangan Liputan 6 Siang SCTV, Jumat (9 Juni 2017), selanjutnya yang menjadi perhatian adalah rest area di KM 19, 29 dan 39.

Kemacetan yang dipicu akibat terbatasnya kapasitas pengunjung untuk beristirahat, kerap memicu kemacetan di ruas tol ini. Polda Metro Jaya menyiapkan sejumlah langkah agar kejadian di musim Lebaran tahun sebelumnya tidak terulang kembali.

Kementerian Perhubungan memprediksi jumlah pemudik ke berbagai daerah, yang menggunakan kereta api, kapal laut dan ferry atau angkutan penyeberangan lainnya.

Peningkatan volume pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi, termasuk motor juga diprediksi mengalami kenaikan. Meski kebijakan mudik gratis telah digencarkan pemerintah maupun pihak swasta.