Sukses

Warga Demo di Kantor Menko Polhukam Minta Amien Rais Dicekal

Sebagian besar massa menggunakan atribut serba hitam dan mengalungkan tulisan "Cekal Amien Rais".

Liputan6.com, Jakarta - Sekelompok warga berkumpul di depan kantor Kementerian Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Kemenko Polhukam). Massa yang menamai diri Patriot Garuda Nusantara itu berdemo menuntut agar mantan Ketua Umum PAN Amien Rais dicekal.

Sebagian besar massa menggunakan atribut serba hitam dan mengalungkan tulisan "Cekal Amien Rais".

"Kita ingin kasus ini diusut. Kami juga menolak Amien disebut Bapak Reformasi. Ini yang akan kami kawal. Kita tidak boleh lengah dan kita tak akan biarkan," ucap salah satu orator, Jumat (9/6/2017).

KPK bakal mengusut dugaan suap yang diterima oleh Amien Rais dalam perkara korupsi pengadaan alat kesehatan (alkes), yang menjerat mantan Menteri Kesehatan (Menkes) Siti Fadilah Supari.

Hanya saja, pengusutan tersebut tak bisa dilakukan selama proses persidangan Siti Fadilah masih berjalan di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat.

Siti Fadilah Supari sendiri direncanakan menghadapi vonis Hakim Pengadilan Tipikor pada Jumat 16 Juni 2016. Siti dituntut 6 tahun penjara denda Rp 500 juta subsider enam bulan kurungan.

Pada tuntutannya, jaksa KPK telah mengungkap penerimaan aliran dana kepada sejumlah pihak termasuk Amien Rais. Amien menerima aliran dana melalui rekening Soetrisno Bachir Foundation (SBF) milik Soetrisno Bachir.

Aliran-aliran dana kepada sejumlah pihak tersebut akan ditelusuri KPK setelah hakim menjatuhkan vonis kepada Siti Fadilah. Termasuk aliran dana ke Amien Rais.

"(Aliran dana) itu penting untuk membuktikan rangkaian perkara ini secara keseluruhan, untuk tindak lanjut dari perkara ini. Kami harus menunggu putusan pengadilan, baru bisa bicara banyak tentang perkara ini," kata Febri.




* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.