Sukses

Mau Ikut Mudik Gratis Kemenhub? Cek Persyaratannya

Kementerian Perhubungan bersama BUMN dan mitra kerja menyelenggarakan program mudik gratis.

Liputan6SCTV, Jakarta - Dalam rapat kerja dengan Komisi V DPR, tentang arus mudik, Kementerian Perhubungan bersama BUMN dan mitra kerja menyatakan akan menyelenggarakan program mudik gratis. Dalam program ini, pemerintah menyiapkan angkutan sepeda motor gratis dengan kuota angkut sekitar 50.000 sepeda motor dan lebih dari 200.000 penumpang.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Jumat (9/6/2017), masyarakat yang ingin mengikuti program ini dapat mendaftar melalui laman www.mudikgratis.dephub.go.id hingga tanggal 16 Juni 2017. Adapun pendaftaran langsung secara offline dapat dilaksanakan di GOR Bulungan Blok M, Dishub Kota Bekasi, Dishub Depok, Dishub Kota Tangerang, dan Dishub Kota Tangerang Selatan.

Sementara itu, Kapolda Metro jaya, Irjenpol M Iriawan, memantau sejumlah jalur mudik. Kapolda meninjau KM 10 Tol Cikunir, pintu Tol Cikarang Utama, dan rest area KM 19 Tol Jakarta - Cikampek. Polda Metro Jaya akan menyiapkan sejumlah antisipasi untuk mengatasi membludaknya kendaraan saat arus mudik.

Pelabuhan Tanjungpriok, Jakarta Utara, terus berbenah menjelang arus mudik Lebaran tahun ini. Sekitar 19 kapal telah disiapkan untuk melayani pemudik dengan perkiraan daya angkut mencapai 15.000 penumpang. Arus mudik melalui Pelabuhan Tanjungpriok diperkirakan akan mencapai puncaknya pada H-9 hingga H-4 Idul Fitri.