Sukses

Menhan: TNI AU Akan Beli Lagi Sukhoi

Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro mengatakan, TNI AU akan membeli lagi pesawat tempur Sukhoi dari Rusia hingga mencapai satu skuadron atau 16 pesawat.

Liputan6.com, Makassar: Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro mengatakan, TNI AU akan membeli lagi pesawat tempur Sukhoi dari Rusia hingga mencapai satu skuadron atau 16 pesawat. "Renstra (rencana strategis) tahun 2010-2014 telah menetapkan pembelian pesawat tempur Sukhoi hingga satu skuadron," katanya di Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan, Senin (27/9), usai menyaksikan serah terima tiga Sukhoi tipe SU-27 SKM dari pemerintah Rusia.

Menhan mengatakan, pengadaan pesawat tempur Sukhoi dimungkinkan karena pemerintah Rusia siap menyediakan berapa pun jumlah pesawat tempur tersebut sesuai dengan permintaan Indonesia. Selain pesawat Sukhoi, Kementerian Pertahanan bersama Mabes TNI serta Mabes TNI AU juga akan membeli jenis-jenis pesawat lainnya seperti F-16 serta pesawat pengganti Hawk dari Australia.

Sementara itu, ketika ditanya tentang senjata di pesawat Sukhoi, Menhan mengakui bahwa ketiga pesawat Sukhoi terakhir itu memang tidak dilengkapi rudal. Hal itu, katanya, antara lain disebabkan karena pabrik senjata berbeda dengan pabrik Sukhoi,  sehingga tidak menjadi satu paket. Namun Purnomo menegaskan, sekali pun Sukhoi tidak dilengkapi dengan rudal, TNI kini sudah memesan bom dari PT Pindad di Turen, Jawa Timur yang memproduksi amunisi dan senjata.(Ant/AYB)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini