Sukses

Umat Hindu Solo Rayakan Hari Saraswati

Ratusan umat hindu di Solo memperingati Hari Saraswati. Hari Saraswati merupakan peringatan lahirnya ilmu pengetahuan Wreda yang diperingati tiap enam bulan penanggalan Bali atau 210 hari.

Liputan6.com, Solo: Ratusan umat hindu di Solo, Jawa Tengah, memperingati Hari Saraswati dengan menggelar upacara di Pura Saraswati, Kompleks Kampus Universitas Negeri Sebelas Maret, Ahad (26/9). Hari Saraswati merupakan peringatan lahirnya ilmu pengetahuan Wreda yang diperingati setiap enam bulan penanggalan Bali atau 210 hari.

Peringatan ditandai dengan digelarnya upacara persembahyangan di Kompleks Pura Saraswati. Ratusan umat Hindu hadir dengan mengenakan busana khas mengikuti rangkaian persembahyangan dengan penuh khidmat. Selain mendengarkan siraman rohani dari pemangku pura atau pandita, mereka melakukan ritual pengharapan keberkahan dan kelapangan dalam menjalani kehidupan.

Dalam persembahyangan ini juga dibagikan air atau tirta suci kepada seluruh umat yang hadir serta pemberian tunas padi atau beras sebagai lambang kesuburan dan kemakmuran. Hari Raya Saraswati merupakan peringatan lahirnya Sang Hyang Aji Saraswati yang dijadikan simbol lahirnya ilmu pengetahuan weda atau ilmu dasar ajaran Hindu.(JUM)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.