Sukses

Menlu: Konflik Qatar Tak Ganggu Jemaah Umrah Indonesia

Menlu juga sudah mencari informasi terkait kondisi WNI di Qatar melalui Duta Besar Indonesia di Doha.

Liputan6.com, Jakarta - Pemutusan hubungan diplomatik antara Arab Saudi dengan Qatar mendapat perhatian penuh dari Indonesia. Bagi Indonesia, konflik ini bisa berdampak pada perjalanan jemaah umrah asal Indonesia.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan, dengan adanya konflik ini terpaksa Indonesia melakukan beberapa penyesuaian terutama terkait jalur penerbangan untuk para jemaah umrah. Dia pun mengaku langsung berkomunikasi dengan Menteri Perhubungan dan Menteri Agama guna mencari solusi atas masalah ini.

"Jadi alhamdulillah sementara ini dapat ditanggulangi dengan baik, sementara yang akan berangkat juga dilakukan pengalihan-pengalihan juga dengan maskapai lainnya," kata Retno di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (8/6/2017).

Dengan adanya komunikasi itu, Retno meyakinkan semua prosedur berjalan dengan lancar. Tidak ada masalah yang signifikan terhadap perjalanan jemaah umrah Indonesia akibat konflik ini.

Di sisi lain, Retno juga sudah mencari informasi terkait kondisi WNI di Qatar melalui Duta Besar Indonesia di Doha. Saat ini, sedikitnya, ada 29 ribu WNI yang terdaftar berada di Qatar. Jumlah ini belum termasuk yang tidak terdaftar sehingga diperkirakan ada 43 ribu WNI di negara tersebut.

"KBRI sudah juga membentuk satu satgas khusus untuk peningkatan perlindungan WNI. Jadi dari sisi proteksi WNI yang tinggal di Qatar, insyaallah tidak akan terjadi masalah apa pun," Retno menandaskan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.