Sukses

Komisi V Berkomitmen Dukung Percepatan Pembangunan Tobasa

Liputan6.com, Jakarta Tim Kunspek Komisi V DPR RI akan mendorong Revitalisasi Pembangunan Jalan dan Dermaga di wilayah Toba Samosir (Tobas) diantaranya Pelabuhan Ajibata, Jalan Nassau Lintas Timur serta Pelabuhan Balige.dalam APBN Perubahan 2017 nanti.

“Kita sudah mengunjungi beberapa lokasi untuk pembangunan insfraktruktur dan perhubungan di Tobasa ini. Yang pasti Jalan Balige By Pass sudah mulai berjalan. Kalau jalan Sigumpar hingga ke Labuhan Batu, akan terus kita dorong agar dibangun secepatnya. Saat ini statusnya jalan propinsi, jadi akan kita dorong untuk meningkatkan status jalan menjadi jalan nasional,” ujar Wakil Ketua Komisi V DPR RI Sigit Sosiantomo, di sela-sela kunjungan ke Tobasa baru-baru ini.

Mengenai Bandara Sibisa, yang selama ini dijadikan bandara penerbangan lokal dan akan ditingkatkan menjadi bandara skala nasional, Sigit Sosiontomo meminta pihak pemerintah daerah bersama sama Kemenhub melakukan study dulu.

“Siapa yang akan memakai dan apa korelasinya dengan perekonomian masyarakat, mengingat biaya pembangunan yang dibutuhkan tidak sedikit. Prinsipnya Komisi V DPR RI akan membantu percepatan untuk memajukan potensi pembangunan daerah,” jelas politisi PKS ini.

Untuk itu lanjut Sigit, Pemkab harus terus menjalin komunikasi yang baik dan bila ada persoalan-persoalan, segera sampaikan melalui surat resmi ke DPR agar ini tuntas secepatnya, Komisi V berkomitmen mendukung percepatan pembangunan Toba Samosir dan hasil kunjungan ini akan menjadi pembahasan dengan Kementerian di Jakarta.

Kepada Tim Komisi V, Bupati Toba Samosir, Ir. Darwin Siagian menyambut baik Kunspek Komisi V DPR sekaligus menyampaikan beberapa persoalan yang menjadi skala prioritas pada aspek insfraktruktur dan perhubungan. Seperti Jalan Balige By Pas sepanjang 9,8 KM dengan rute Tambunan-Hinalang di Kecamatan Balige serta pelabuhan Balige dan Ajibata yang menjadi penghubung Tobasa dengan Samosir.

“Jalan Balige By Pas diharapkan bisa menjawab persoalan kemacetan di Kota Balige selama ini. Pembangunan telah melalui tahap tender dan akan dimulai tahun mendatang sejauh 2 KM,” jelasnya.

Proyek lainnya yang menjadi perhatian adalah Jalan Lintas Propinsi dari kawasan Sigumpar ke Kabupaten Labuhan Batu Utara. Jalan sejauh 80 KM yang pada tahun 1993 sudah pernah dibuka sejauh 60 KM kini menyisakan 20 KM yang butuh perbaikan.

“Jalan ini sangat berpengaruh pada perekonomian masyarakat. Akibat jalan yang tidak terhubung sepanjang 20 KM mempengaruhi harga hasil tani seperti sawit, karet, kopi dan lain lain. Para petani terpaksa menjual hasil dengan harga rendah. Kalau jalan ini diteruskan ke Labuhan Batu Utara, maka harga hasil tani akan meningkat. Maka itu kami sangat berharap agar ini dapat dilanjutkan,” ujar Darwin.

Selengkapnya Tim Kunspek Komisi V DPR RI ini adalah Wakil Ketua Komisi V Sigit Sosiontomo. didampingi Anton Sihombing, Sahat Silaban, Novita Wijayanti, Nurhayati, Sudjadi,,Bahrum Daido, Budi Yuwono, Sadarestuwati, Rita Zahara, Ade Rizki Pratama, dan Djoni Rolindrawan.

 

(*)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Artikel Selanjutnya
Menhub Minta Operasi Truk Barang Ditunda 3 Juli
Artikel Selanjutnya
Tol Fungsional Gringsing-Brebes Beroperasi Lagi Besok