Sukses

Komisi V Dorong Revitalisasi Pembangunan Dermaga Balige

Liputan6.com, Jakarta Selain meninjau Pembangunan Insfrastruktur Balige Bypass, Bandara Sibisa serta Jalan Alternatif Strategis Nasional Porsea-Labuhan Batu yang merupakan jalan akses Lintas Timur, Tim Kunspek Komisi V DPR RI didampingi Bupati Toba Samosir Darwin Siagian serta mitra kerja kerkait meninjau langsung ke Dermaga Balige belum lama ini.

“Kehadiran kami di Kabupaten Toba Samosir ini lebih spesifik guna meninjau pembangunan infrastuktur. Kami bukan ceramah, tetapi kami ingin lebih konkret bagaimana keluhan keberadaan infrastruktur saat ini, Prinsipnya Komisi V DPR akan mendorong Revitalisasi Pembangunan Dermaga serta berusaha mendorong Dana Alokasi Khusus (DAK) dari Kemenhub”. tegas Wakil Ketua Komisi V DPR Sigit Sosiantomo di sela-sela kunspek tersebut.

Kepada Tim Komisi V Bupati Tobasa Darwin Siagian menjelaskan, dermaga penyeberangan di Balige merupakan akses transportasi air ke kabupaten sekitarnya di kawasan Danau Toba, seperti Kabupaten Samosir, Simalungun, Humbang Hasundutan, Tapanuli Utara, dan Kabupaten Karo.

Kondisi Dermaga sekarang sudah kurang memadai mengingat para pedagang yang menuju Samosir lebih banyak menggunakan moda transportasi air. Ini dilakukan karena karena biayanya dianggap lebih murah dan mudah, jika dibandingkan jasa angkutan darat. Untuk itu Bupati Toba Samosir sangat mengharapkan agar dua pelabuhan ini dapat diperbesar.

Dia menillai, kunjungan anggota DPR merupakan suatu kebanggaan bagi Pemkab Toba Samosir. Diharapkan kunjungan ini dapat membawa dampak positif untuk peningkatan kesejahteraan. Termasuk mendukung pelaksanaan Otorita Danau Toba, dimana Kabupaten Tobasa menjadi pusat Otorita Danau Toba yang dipusatkan di Sigapito Kecamatan Ajibata. “ Untuk menunjang otorita ini perlu dilakukan pem¬bangunan Dermaga Pelabuhan Balige,” kata Darwin menambahkan.

 

(*)

 

 

 

 

 

Artikel Selanjutnya
Ruas Tol Ini Bakal Dapat Dukungan APBN
Artikel Selanjutnya
Dapat Alokasi Rp 106,91 T, PUPR Bangun Jalan hingga Perumahan