Sukses

Masa Depan Sumber Daya Alam ada di Litbang

Liputan6.com, Jakarta Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Herman Khaeron menyatakan bahwa masa depan sumber daya alam ada di tangan badan penelitain dan pengembangan. Karena di badan ini dengan riset dan penelitianya bisa memprediksi dan merencanakan arah kemajuan dan keberlansungan sumber daya alam.

Hal tersebut disampaikan Herman saat Rapat Dengar Pendapat dengan Badan Litbang Kementerian Pertanian, Kementerian Kelautan dan Perikanan, serta Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

"Di era globalisasi tentu teknologi berkembang begitu cepat, dan tentu perkembangan ini menyangkut berbagai sektor, saya selalu menyebutkan masa depan sumber daya kita sesungguhnya ada di litbang," ujarnya di ruang rapat Komisi IV, Gedung Nusantara DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin (5/6/2017).

Letak geografis yang strategis menunjukkan betapa kaya Indonesia akan sumber daya alam dengan segala flora, fauna dan potensi yang terkandung di dalamnya. Potensi sumber daya alam Indonesia segala sesuatu yang berasal dari alam dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup masyarakatnya.

"Di negara-negara maju kalau kita melakukan kunjungan kerja dan diplomasi politik selalu litbang ada di posisi garda terdepan. Bahkan di India anggaran litbang hampir setara dengan anggaran sektoral, karena ini memiliki peran sangat setrategis bagaimana masa depan sumber daya yang ada di sekitarnya," jelas politisi Partai Demokrat ini.

Ia menilai Indonesia belum memberikan prioritas pada litbang, padahal seharusnya dengan ilmu dan pengetahuan potensi sumber daya alam Indonesia dapat digunakan secara maksimal guna kemakmuran rakyat. "Sepertinya Indonesia belum ke arah sana. Namun kami yakin betul bahwa litbang sudah memiliki hasil yang dapat menjamin masa depan sumber daya kita," papar Herman.

Lebih lanjut, ia menyampaikan bahwa secara umum potensi sumber daya alam Indonesia seharusnya dapat diperbaharui baik hutan, tanah, laut, dan udara.

 

(*)

Artikel Selanjutnya
Transjakarta Tambah Armada Selama Libur Lebaran
Artikel Selanjutnya
Cek Kesiapan Arus Balik di Tol Cikopo, Menhub Harap Lancar