Sukses


Hidayat: Kita Bersyukur Indonesia Merdeka di Bulan Ramadan

Liputan6.com, Jakarta  

Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid mengatakan bahwa pahlawan merupakan sosok yang melakukan pengorbanan yang luar biasa sehingga perlu dijadikan tauladanan. Di hadapan para veteran pejuang dan hadirin saat memperingati Tasyakuran 74 Tahun Hijrah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid mengucapkan terima kasih kepada para veteran.

"Para veteran adalah pahlawan bangsa," ujar Hidayat Nur Wahid saat memperingati Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dalam Tahun Hijrah di Jakarta.

Dalam Tahun Hijrah, Indonesia merdeka pada 9 Ramadan 1364 H. "Meski demikian setiap 17 Agustus kita juga memperingati hari kemerdekaan dengan upacara bendera dan tasyukuran," ujarnya.

Dengan memperingati Hari Kemerdekaan pada 9 Ramadan dan 17 Agustus, menurut Hidayat Nur Wahid, itu wujud penegasan cintanya umat Islam kepada Indonesia. "Cinta kami kepada Indonesia double, dua kali," ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan, kemerdekaan di bulan Ramadan merupakan karunia Allah kepada bangsa Indonesia. "Ini rahmat Allah pada bangsa Indonesia," ucapnya.

Sebagai rahmat dari Allah maka umat Islam tetap semangat dan bangkit dalam mempertahankan kemerdekaan. Dalam kesempatan itu, Hidayat Nur Wahid memaparkan peran-peran umat Islam dalam sejarah Indonesia, tidak hanya dalam bentuk perjuangan fisik, ide dan gagasan soal tata negara namun juga soal toleransi. Dikatakan hilangnya tujuh kata dalam penyusunan Pancasila merupakan bentuk toleransi umat Islam.

Hidayat Nur Wahid mengajak kepada semua untuk waspada karena ada pihak-pihak yang ingin mengadu domba bangsa Indonesia.

"Ada yang ingin mengadu domba agar bangsa ini selalu gaduh," ujarnya.

"Ada pihak yang tidak ingin Indonesia kuat," tambahnya. "Ada yang ingin negara dan agama berpisah," tambahnya lagi.

Ditegaskan agar bangsa Indonesia mensyukuri bangsa ini merdeka pada bulan Ramadhan. Dengan bersyukur maka nikmat Allah akan dilipatgandakan.

(*)

Artikel Selanjutnya
Menaker: 167 Ribu Pekerja Ikut program Mudik Lebaran Bersama
Artikel Selanjutnya
Golkar, Jokowi, dan AHY di Pilpres 2019