Sukses

PPP Pertimbangkan Usung Ridwan Kamil di Pilkada Jabar 2018

Sebagai pemegang suara terbanyak dalam peta politik di Indonesia, posisi Jawa Barat sangat strategis dalam menentukan arah politik nasional.

Liputan6.com, Jakarta - DPP Partai Persatuan Pembangunan (PPP) mempertimbangkan mengusung Wali Kota Bandung Ridwan Kamil sebagai salah satu bakal calon gubernur pada Pilkada Jawa Barat 2018 mendatang.

Ketua Umum DPP PPP Muhammad Romahurmuziy mengatakan, untuk penentuan bakal calon yang akan diusung, partainya hingga kini masih mencermati dinamika politik yang berkembang di Jawa Barat.

"Memang kita tengah menimang-nimang beberapa calon, termasuk juga survei politik, mengenai elektabilitas, popularitas, saya ngajak Pak Emil (Ridwan Kamil), Pak UU (Uu Ruzhanul Ulum) dan Pak Asep (Asep Maosul)," ujarnya dalam safari Ramadan di kantor DPC PPP Garut, Sabtu (3/6/2017).

Sebagai pemegang suara terbanyak dalam peta politik di Indonesia, posisi Jawa Barat sangat strategis dalam menentukan arah politik nasional, sehingga partainya menyiapkan banyak calon yang akan digodok agar mendapatkan hasil yang diharapkan.

"Kenapa begitu banyak, karena ingin mereka menjadi pemenang, baik gubernur ataupun wakilnya," ujar dia.

Saat ditanya mengenai peluang Emil diusung partainya, Romy sapaan Ketua Umum Partai Kabah itu mengatakan, hingga kini elektabilitas dan popularitas Wali Kota Bandung itu terbilang tinggi. "Soal siapanya (mewakili PPP) saya tidak akan sebutkan saat ini, minggu depan kita akan buka pendaftaran calon," kata dia.

Selama ini, kata dia, Jawa Barat masih menjadi salah satu lumbung suara nasional bagi Partai Kabah. "Keinginan kita menjadi tiga nasional, namun khusus Garut tidak berlaku target nasional, tapi Garut harus menjadi pemenang mayoritas," ujar dia.

Untuk mencapai target itu, partainya tengah menyiapkan kader sebanyak mungkin dalam menghadapi pemilihan legislatif 2019 mendatang. "Ingat eksistensi PPP di Jabar ini sangat diperhitungkan kawan maupun lawan," ujar Romy.

Sementara itu, Ridwan Kamil mengaku dukungan PPP masih belum final. "Istilahnya masih proses pacaran, masih jauh lah, orang mendukung kan bukan berarti harus ada nama," ujar Ridwan.

Ridwan pun mengaku terus melihat perkembangan konstelasi politik di Jawa Barat sambil mencari dukungan untuk bertarung di Pilkada Jabar tahun depan. "Ya masih tahap komunikasi, cuma memang ada yang responnya cepat seperti Pak Romy, sementara yang lain masih belum," ujar  dia.

Emil panggilan akrab Ridwan Kamil, mengakui kedatangannya ke Garut untuk mendengar aspirasi warga mengenai rencana pencalonannya untuk maju di Pilkada Jabar.

"Kebetulan saya hanya punya waktu akhir pekan untuk mendengar aspirasi masyarakat di Jabar, dan ini ada undangan dari DPC PPP Garut," kata Ridwan.


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.