Sukses

Bangun Pertahanan, Rusia Habiskan Ratusan Miliar Dolar

Rusia akan menghabiskan US$ 600 miliar untuk anggaran pertahanannya dalam membangun angkatan bersenjata pada 2020 mendatang.

Liputan6.com, Moskow: Rusia berencana memperkuat negaranya pada 2020 mendatang dengan membeli persenjataan dan perlengkapan militer. Menteri Pertahanan Anatoly Serdyukov mengatakan di Moskow, Selasa (21/9), pembelian perlengkapan militer tersebut akan menghabiskan dana yang sangat fantastis, yakni mencapai US$ 613 miliar.

Seperti dilansir Kantor Berita Interfax, Serdyukov mengatakan: "Angka ini sudah ditekan agar tidak melambung cukup jauh. Selain itu, harga ini juga sesuai dengan persenjataan modern yang harus kita berikan kepada tentara kita."

Sebelumnya, pemerintah Rusia berencana mengalokasikan kebutuhan Departemen Pertahanan hingga 13 triliun rubel. Namun, para pejabat kementerian tinggi bersikeras uang tersebut hanya bisa memenuhi kebutuhan kekuatan nuklir strategis, pesawat pertahanan, dan kekuatan udara.

Lebih jauh Serdyukov mengatakan, Rusia bisa membeli teknologi militer dari Amerika Serikat untuk pertama kalinya. Ia juga menyebutkan bahwa militer Rusia tertarik untuk membeli sistem perintah otomatis, informasi teknologi dan senjata "cerdas" dari Negeri Abang Sam tersebut. Pemerintah Rusia berencana untuk memutakhirkan persenjataan mereka sampai dengan 70-80 persen.(ANS/Xinhua)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.