Sukses

Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Pertama Setelah 72 Tahun

Patroli, Jakarta - Upacara peringatan hari lahir ke-72 Pancasila digelar untuk pertama kalinya di gedung Pancasila, Kantor Kementrian Luar Negeri, Jakarta Pusat, Kamis (1/6/2017) pagi. Bertindak sebagai inspektur upacara adalah Presiden Joko Widodo.

Upacara juga dihadiri berbagai pejabat Negara, mulai dari ketua MPR-DPR hingga menteri dari kabinet kerja beserta para undangan lainnya. Uniknya, para pejabat yang hadir menggunakan pakaian daerah sebagai seragam upacara.

Dalam sambutannya Presiden Joko Widodo menekankan pentingnya penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bernegara. 1 Juni ditetapkan sebagai hari libur nasional memperingati kelahiran Pancasila berdasarkan keputusan presiden No. 24 tahun 2016.

Penetapan hari lahir Pancasila mengacu pada sidang Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia atau yang dikenal dengan BPUPKI pada 29 Mei-1 Juni 1945.

Dalam prosesnya, rumusan Pancasila sejak 1 Juni 1945 yang dipidatokan Sukarno, rumusan piagam Jakarta 22 Juni 1945, hingga rumusan final 18 Agustus 1945 adalah sebuah satu kesatuan.