Sukses

Peringati Hari Lahir Pancasila, Warga Yogyakarta Gelar Kirab

Hari lahir Pancasila juga diperingati dengan berbagai kegiatan semarak di sejumlah daerah.

Patroli, Yogyakarta - Iring-iringan ratusan warga dari berbagai kalangan mengawali kirab Pancasila di Dusun Wonorejo Desa Hargobinangun Pakem, Sleman, Yogyakarta, Kamis (1/6/2017) pagi. Mereka membawa poster lambang negara Indonesia Garuda Pancasila setinggi 3 meter, bendera merah putih, serta balon berwarna merah putih.

Kirab bermula dari halaman masjid menuju area sawah berjarak sekitar 500 meter. Para peserta kemudian mengikuti upacara bendera dan menyanyikan lagu Indonesia Raya serta Garuda Pancasila. Kirab ini digelar dalam rangka memperingati hari lahir Pancasila dan mengingatkan pentingnya nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Semarak hari lahir Pancasila juga diperingati belasan pemuda-pemudi di Sukoharjo, Jawa Tengah. Dengan membentangkan sejumlah poster bertemakan Pancasila, mereka berorasi dan menyanyikan lagu-lagu yang mengajak masyarakat bangkit sekaligus menjaga persatuan.

Sementara di Tangerang, Banten, hari lahir Pancasila diperingati jajaran Polres Tangerang bersama puluhan anak jalanan dan pelajar. Kegiatan itu berlangsung di dua lokasi, yaitu Tugu Adipura serta Alun-Alun Ahmad Yani. Anak jalanan yang biasa mengamen diberikan pertanyaan lambang lima sila dalam Pancasila.

Sebagai motivasi, Polres Tangerang Kota memberikan sejumlah hadiah bingkisan kepada anak jalanan.