Sukses

Jokowi Pimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Pagi Ini

Dalam upacara, Jokowi akan didampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan menjadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila. Upacara digelar di Halaman Gedung Pancasila Kementerian Luar Negeri, Jakarta, Kamis pagi ini.

Upacara akan dimulai pada pukul 08.00 WIB. Masuknya Jokowi ke mimbar kehormatan menandai dimulainya upacara.

Sejumlah pejabat juga menjadi petugas upacara. Menteri Hukum dan HAM Yassona H Laoly akan membaca Kepres No 24 tahun 2016 tentang Penetapan 1 Juni sebagai hari libur nasional dalam rangka Hari Lahir Pancasila.

Kemudian, Ketua MPR Zulkifli Hasan dijadwalkan bertugas membaca teks Pancasila. Ketua DPR Setya Novanto membacakan Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945. Terakhir, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin bertugas membacakan doa.

Dalam upacara, Jokowi akan didampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla. Presiden akan membacakan sambutan terkait Hari Lahir Pancasila. Sambutan ini juga dibacakan oleh seluruh kepala daerah yang bertindak sebagai inspektur upacara di daerah masing-masing.

Usai upacara berlangsung, Jokowi beserta rombongan akan meninjau Pameran Foto Sejarah Lahir Pancasila di Gedung Pancasila.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.