Sukses

Menpan-RB: Lulusan Sekolah Kedinasan Harus Jadi Motor Perubahan

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur menjadi pembicara dalam acara Studium Generale di Kampus IPDN.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Asman Abnur menegaskan agar setiap lulusan sekolah ikatan dinas dapat menjadi motor perubahan untuk memperbaiki birokrasi, tidak terkecuali sekolah kedinasan milik Kementerian Dalam Negeri yakni Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN).

Menurutnya sekolah kedinasan merupakan sebuah tempat pembibitan untuk menciptakan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang berdaya saing, memiliki integritas dan juga kemampuan. Karena memang di dalam sekolah kedinasan diajarkan ilmu sesuai dengan minat dan keinginan, sehingga asn yang dihasilkan pun dapat memiliki spesialisasi dibidang tertentu.

"Oleh karena itu sumber utama untuk rekruitment ASN yaitu dari sekolah ikatan dinas seperti IPDN. Untuk itu lulusan sekolah kedinasan dapat menjadi motor perubahan yang dapat melakukan inovasi baru dibidang pemerintahan dan pelayanan," ujarnya saat menjadi pembicara dalam acara Studium Generale di Kampus IPDN, Jakarta, Rabu (31/05).

Dirinya berpendapat bahwa IPDN merupakan sekolah kedinasan yang cukup matang dalam segala hal, untuk itu tamatan IPDN diharapkan dapat mengisi pemerintahan tidak hanya dipusat melainkan juga didaerah daerah. Dengan demikian praja IPDN dapat menjadi perekat nasional, karena setiap lulusan sekolah ikatan dinas tersebut tidak langsung dikembalikan ke daerah asal, melainkan kedaerah lain terlebih dulu.

Menteri berharap, nantinya setiap cetakan IPDN memiliki peran yang sangat penting dalam membangun birokrasi yang berkualitas di daerah. Asman mengajak praja IPDN untuk memberikan warna yang positif saat menjabat sebagai pimpinan kepada generasi penerus.

“Dengan demikian, dikemudian hari nanti mereka akan selalu mengingat bagaimana kita melakukan perubahan-perubahan yang hasilnya tidak hanya dirasakan oleh para pegawai, tetapi juga masyarakat umum," pungkasnya.

Sementara itu Rektor IPDN Ermaya Suradinata menyatakan bahwa kedatangan Menteri Asman ke Kampus IPDN dapat membawa pencerahan bagi para praja yang nantinya akan menjadi ASN dan bekerja di pemerintahan. Apa yang disampaikan Menteri PANRB dapat menjadi pembelajaran bagi para praja kedepan untuk membangun negeri kearah yang lebih baik.

"Sementara para dosen dapat mengambil apa yang disampaikan pak Menteri sebagai bahan pengajaran bagi para praja," katanya.

Powered By:

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini