Sukses


Ketua MPR Ajak Anak Muda Lebih Dekat dengan Pancasila

Ketua MPR Zulkifli Hasan saat Orasi Kebangsaan pelantikan DPP Mahasiswa Pancasila (Mapancas) di Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua MPR Zulkifli Hasan menyampaikan pentingnya anak anak muda untuk mengenal Pancasila lebih dalam dan lebih dekat.

"Pancasila itu warisan dari generasi ke generasi. Bukan hanya untuk orang tua, tapi juga untuk generasi muda," kata Zulkifli Hasan dalam Orasi Kebangsaan pelantikan DPP Mahasiswa Pancasila (Mapancas) periode 2017 – 2020 di Gedung Nusantara V, Selasa (30/5).

Menurut Zulkifli, pemahaman Pancasila di kalangan anak muda penting agar menjadi perilaku sehari hari.

"Jarang anak-anak muda yang memahami nilai-nilai luhur ke-Indonesiaan kita dan terhindar dari hoax, politik kebencian, sikap memecah belah, juga menyadari bahwa kita adalah keluarga besar," ujar Zulkifli.

Dia menyebutkan ada tiga kunci agar sebuah negara bisa maju. Pertama, negara itu menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. Kedua, mesti ada trust, yaitu berjuang untuk kepentingan bersama. Ketiga, mempunyai nilai-nilai.

“Pancasila adalah alat pemersatu bangsa bukan pemecah-belah. Pancasila harus dijadikan perilaku sehari-hari, agar menjadi bangsa yang besar, maju dan sejahtera,” tegasnya.

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.