Sukses

2 Penyerang Pengendara Motor di Lenteng Agung Jadi Tersangka

Polisi menangkap tujuh remaja yang diduga terkait penyerangan sepeda motor di Lenteng Agung.

Liputan6.com, Jakarta - Polres Metro Jakarta Selatan telah menangkap tujuh pemuda terkait dugaan penyerangan terhadap pengendara sepeda motor di Lenteng Agung, Jagakarsa, Jakarta Selatan. Namun, polisi hanya menetapkan dua orang sebagai tersangka.

"Saat ini sudah diputuskan dua orang sebagai tersangka dari ketujuh orang yang diamankan. Semua masih anak-anak, rata-rata usia 14 sampai 16 tahun," ujar Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Iwan Kurniawan di kantornya, Jakarta, Rabu (31/5/2017).

Iwan menjelaskan, kedua remaja berinisial MRA (14) dan EA (16) ini ditetapkan sebagai tersangka, lantaran terbukti membawa senjata tajam berupa celurit dan senjata tumpul berupa stik golf. Sementara lima lainnya dipulangkan lantaran masih berstatus sebagai saksi.

"Setelah kami menemukan korbannya, ternyata kejadian itu terjadi pada Februari. Saat kejadian yang bersangkutan dirawat di Depok, sehingga waktu itu mereka tidak lapor," kata Iwan.

Iwan mengatakan, pelaku bukanlah anggota geng motor. Mereka merupakan warga setempat yang resah dengan keberadaan geng motor yang kerap berbuat onar di wilayah tersebut.

"Kenapa mereka melakukan tindakan kekerasan tersebut? Karena ada geng motor yang membuat onar di Lenteng Agung, dan mengganggu kenyamanan masyarakat," kata dia.

Apalagi, kata Iwan, saat itu mereka menerima informasi melalui media sosial yang menyebutkan akan ada geng motor yang menyerang kawasan Lenteng Agung. Namun penyerangan justru salah sasaran.

"Pada saat kejadian, korban bukan geng motor, di mana korban dua-duanya perempuan," kata dia.

Berkaca pada kejadian ini, Iwan berharap agar masyarakat tidak mudah main hakim sendiri. Polisi mengimbau agar warga melaporkan segala informasi yang mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas).

"Saya imbau kepada warga kalau merasa mendapat satu permasalahan jangan mengambil tindakan sendiri, silakan lapor kepada aparat kepolisian. Saya pastikan akan merespons dengan cepat untuk mengatasi permasalahan dengan cepat," Iwan menandaskan.

Aksi kejahatan jalanan yang dilakukan sekelompok pemuda kepada pengendara sepeda motor viral sejak Senin malam, 22 Mei 2017. Lokasi peristiwa tersebut diduga berada di Lenteng Agung, Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Dalam video berdurasi 1 menit 46 detik itu, tampak sekelompok remaja berdiri bergerombol di pinggir jalan sambil menunggu pengendara yang melintas. Mereka juga terlihat membawa senjata tajam.

Saat ada beberapa pengendara sepeda motor melintas, mereka langsung menyerangnya hingga tersungkur. Para pemuda itu pun meninggalkan begitu saja korbannya. Tidak terlihat dari mereka mengambil barang berharga milik korban. Kekerasan ini diduga sebagai syarat bagi anggota baru masuk geng motor.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini