Sukses

Wiranto Terima Laporan Keuangan 15 Lembaga dari BPK

Laporan keuangan itu, menurut Wiranto, menandakan adanya rasa tanggung jawab dari pejabat badan dan lembaga di bawah Kemenko Polhukam

Liputan6.com, Jakarta - Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) hari ini menyerahkan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas 15 Laporan Keuangan Kementerian/ Lembaga (LKKL) tahun 2016. Hasil itu diserahkan kepada Menko Polhukam Wiranto.

Adapun ke-15 lembaga itu di antaranya Kemenko Polhukam, Kementerian Pertahanan, Lembaga Sandi Negara, Badan Intelijen Negara, Lemhanas, Wantanas, BNPT, Bakamla, Komnas HAM, KPK, BNN, KPU, Bawaslu, BMKG, dan Basarnas.

"Hari ini saya menghadiri penyerahan hasil audit BPK terhadap lembaga dan badan di lingkungan Menko Polhukam. Ada 15 lembaga dan badan, dan kita dapatkan predikat cukup baik. Artinya, ada peningkatan dari tahun sebelumnya," ucap Wiranto di Auditorium Pusdiklat BPK, Kalibata, Jakarta, Senin (29/5/2017).

Hasil tersebut, menurut Wiranto, menandakan adanya rasa tanggung jawab dari pejabat di lingkungan badan dan lembaga Kemenko Polhukam.

"Saat ini kami imbau dan dorong mempertanggungjawabkan setiap sen dana yang diberikan negara. Karena dana itu berasal dari rakyat Indonesia. Kita harus tanggung jawabkan pada rakyat bahwa dana itu digunakan untuk perbaiki kinerja, untuk bekerja, dan laksanakan tugas dalam rangka amanat dari rakyat itu sendiri," jelas Wiranto.

Dia juga mengharapkan, kementerian/lembaga yang mendapatkan status Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), agar dapat dipertahankan.

"Oleh karena itu kami bahagia tatkala kemajuan yang dicapai audit badan dan lembaga ini baik dan cukup maju dihadapkan dengan tahun-tahun yang lalu. Ini akan dipelihara, dan saya imbau pada teman-teman yang sudah WTP, agar mempertahankan itu. Dan yang belum, harus perhatikan rekomendasi temuan BPK agar tahun selanjutnya nanti bisa mencapai WTP," pungkas Wiranto.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini