Sukses

Jakarta Masih Menjadi Magnet Mencari Kerja

Jakarta masih menjadi magnet bagi para pencari kerja dari berbagai daerah, termasuk Lampung. Meski belum jelas akan jadi apa, selesai Lebaran dianggap waktu yang tepat bagi mereka untuk mulai mengadu nasib di Jakarta.

Liputan6.com, Bakauheni: Pelabuhan Penyeberangan Bakauheni, Lampung, beberapa hari ini, dipadati pemudik yang hendak kembali ke tempat mereka mengais rezeki dan merajut hidup setelah merayakan Lebaran di kampung halaman. Semua? Ternyata tidak. Ada di antara mereka yang ternyata berniat mengadu nasib di Jakarta.

Lima pemuda asal Padang Cermin, Kabupaten Pesawaran, misalnya. Sebelum mengais rezeki di Ibu Kota, tujuan pertama mereka adalah rumah seorang kerabat di Muara Angke, Jakarta Utara. Meski hanya berbekal ijazah sekolah dasar dan sekolah menengah pertama, mereka berbesar harapan bisa menaklukkan Jakarta. "Cari kerja, kata Adi, salah satu dari lima pemuda itu, Sabtu (17/9).

Jakarta memang magnet yang menarik hari para pencari kerja. Namun, tanpa bekal pendidikan yang memadai, dokumen kependudukan, dan terlebih lagi tanpa kesiapan mental yang kuat, mengadu nasib di Ibu Kota bukannya membuat orang menjadi untung, tapi justru buntung.(BOG)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini