Sukses

BNN: Kandungan Narkoba Flakka Efeknya 10 Ribu Kali Morfin

Video yang menunjukkan efek dari seseorang yang mengonsumsi narkoba bernama Flakka menjadi viral.

Liputan6.com, Jakarta - Video yang menunjukkan efek dari seseorang yang mengonsumsi narkoba bernama Flakka menjadi viral. Dalam video itu tampak orang yang mengonsumsi Flakka akan berubah menjadi seperti zombie.

"Flakka telah berjangkit di US dan Eropa beberapa tahun yang lalu. Untuk mengantisipasi bahaya yang akan ditimbulkan, BNN dan Kemenkes RI telah mengkaji narkotika sintetis jenis baru tersebut tahun lalu," ujar Kabag Humas Badan Narkotika Nasional (BNN) Kombes Sulistiandriatmoko di Jakarta, Minggu (28/5/2017).

Saat ini, Sulistiandriatmoko mengungkap, Flakka telah diatur dengan Permenkes No 2 tahun 2017 dengan nama kimia Alfa PVP.

"Adapun dalam perkembangannya, kandungan zat aktif yang mengancam dan harus diwaspadai adalah fentanyl derifat, yang memiliki potensi 10.000 kali lebih kuat dari pada morfin atau 100 kali lebih kuat dari pada heroin," jelas dia.

Zat fentanyl derifat ini, sambung dia, telah dikaji pada 15-16 Mei 2017 dan telah diajukan ke Kemenkes RI untuk dimasukkan sebagai Golongan I dalam Lampiran UU Narkotika No 35 tahun 2009.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.