Sukses

Pemudik Kembali Masuk Jakarta

Ribuan pemudik dari berbagai daerah terus memasuki Jakarta usai libur Lebaran, baik menggunakan kereta, mobil, maupun sepeda motor.

Liputan6.com, Jakarta: Libur Lebaran telah usai. Ribuan pemudik dari berbagai daerah terus memasuki Jakarta, baik menggunakan kereta, mobil, maupun sepeda motor, Jumat (17/9). Di jalur utama Padalarang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, arus lalu-lintas ke Jakarta pada H+7 masih padat. Selain kendaraan roda empat, arus lalu-lintas didominasi sepeda motor. Puncak arus balik di jalur rawan kemacetan ini diperkirakan terjadi pada Ahad mendatang. Kepadatan arus balik menuju Jakarta dari Bandung juga terjadi di Stasiun Kiara Condong.

Sejumlah kereta api ekonomi dari sejumlah kota di Jawa Timur dan Jawa Tengah, juga dijejali penumpang. Di Stasiun Brebes, Jateng, ribuan calon penumpang arus balik terpaksa menunggu berjam-jam agar tidak ketinggalan kereta. Begitu kereta api ekonomi Tegal Arum yang datang dari Kota Tegal tiba, para calon penumpang langsung merangsek dan berebut masuk.

Kepadatan arus balik juga terjadi di jalur Yogyakarta-Semarang. Petugas Satlantas Polres Temanggung harus bekerja keras mengatur kelancaran lalu-lintas. Kepadatan arus balik kali ini terjadi karena libur Lebaran dan anak-anak sekolah segera berakhir.

Hal berbeda terjadi di Terminal Jombor, Sleman, Yogyakarta. Tidak ada penumpukan penumpang meski arus balik telah memasuki H+7. Penurunan jumlah penumpang kali ini diperkirakan karena pemudik banyak menggunakan kendaraan pribadi.

Sedangkan di Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten, ratusan kendaraan yang mengangkut sembako menuju Sumatra terpaksa menunggu berjam-jam untuk naik ke atas kapal.(ADO)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.