Sukses

Eggi Sudjana Akan Surati Kapolri Minta Kasus Rizieq Dihentikan

Eggi mengaku, salah satu alasan pihaknya mengirimkan surat ke Kapolri adalah untuk membendung reaksi pendukung Rizieq Shihab.

Liputan6.com, Jakarta - Koordinator tim pembela Rizieq Shihab, Eggi Sudjana menegaskan pihaknya akan mengirimkan surat kepada Kapolri Jenderal Tito karnavian. Hal tersebut terkait kasus pornografi dengan percakapan seks yang diduga melibatkan Rizieq Shihab dengan Firza Husein.

"Intinya kita sebagai lawyer melihat kasus ini merupakan rekayasa hukum, kriminalisasi terhadap ulama. Dengan berbagai analisis sudah saya tulis lengkap, yang saya tujukan ke Kapolri, tembusan Presiden, DPR, BIN, untuk supaya dilakukan SP3," ungkap Eggi kepada Liputan6.com, Minggu (28/5/2017).

Eggi mengaku, salah satu alasan pihaknya mengirimkan surat adalah untuk membendung reaksi pendukung Rizieq Shihab. Sebab, para pendukung pemimpin Front Pembela Islam (FPI) itu tidak rela jika Rizieq Shihab dikriminalisasi.

"Kalau habib (Rizieq Shihab) ditahan, bagaimana menahan radikalisasi pendukungnya. Kita harap tidak ada konflik sosial yang besar," ungkap dia.

Eggi menegaskan, apa yang disampaikannya itu bukanlah bagian dari ancaman. Melainkan mencoba menjaga keutuhan negara kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Ini bukan hukum yang benar ditegakkan. Ini kasus private. Kalaupun benar, kasus ini tidak bisa diproses. Ini urusan pribadi orang, yang mengungkap kasus ini harusnya yang ditangkap. Habib (Rizieq Shihab) dan Firza (Husein) itu korban," tandas Eggi Sudjana.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pesan Rizieq Shihab

Sebelumnya beredar video berisi percakapan antara pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab dengan pengacara Eggi Sudjana. Video yang berdurasi 41 detik ini, berisi pesan Rizieq kepada Eggi Sudjana.

"Baik bang Eggi dan kawan-kawan semua yang akan pulang ke Indonesia, kita sudah banyak bertemu, dialog, bermusyarawah, antum membawa pesan yang luar biasa, pesan untuk perjuangan, pulang membawa misi mulia, selamat berjuangan," demikian kalimat yang disampaikan Rizieq.

Dalam video tersebut, tidak hanya Rizieq dan Eggi saja, melainkan beberapa orang lainnya. Di dalam video tersebut, Rizieq Shihab, Eggi dan lainnya terlihat berbincang di dekat jendela, yang ketika melihat keluar terlihat jelas Kabah.

Video tersebut direkam saat Rizieq Shihab dan Eggi Sudjana umrah bersama. Video tersebut dibuat pada Jumat, 26 Mei 2017 pagi waktu di Mekah.

Eggi Sudjana mengakui isi dari video tersebut. Ia menjelaskan, dirinya berangkat umrah pada 19 April dan kembali ke tanah air pada 27 April.

"Saya sudah dapat pesan-pesan khusus dari Habib (rizieq Shihab)," kata dia kepada Liputan6.com, Jakarta, Minggu (28/5/2017).

Ia menjelaskan, amanat tersebut terkait kasus hukum yang membelit Rizieq Shihab. "Akan diumumkan bersama, konpers insyaallah besok, jam 4 sore di rumah Habib (Rizieq Shihab)," tandas Eggi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.