Sukses

Rizieq Shihab Tunjuk Eggi Sudjana Jadi Koordinator 700 Pengacara

Eggi Sudjana menjadi koordinator tim pembela Rizieq Shihab yang bernama Tim Pembela Ulama dan Aktivis.

Liputan6.com, Jakarta - Pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab saat umrah menyempatkan bertemu dengan pengacara Eggi Sudjana. Dalam pertemuan tersebut, Rizieq Shihab menunjuk Eggi sebagai koordinator pengacaranya.

"Habib minta ke saya langsung. Sudah ada 700 advokat yang bergabung membantu habib dan saya koordinator," kata dia kepada Liputan6.com, Minggu (28/5/2017).

Eggi mengungkapkan, Rizieq tidak hanya menunjuk dirinya menjadi koordinator tim pembela, tetapi juga memberikan nama. Yakni, tim PUA atau tim Pembela Ulama dan Aktivis.

"Kenapa ulama dan aktivis, karena tidak hanya ulama tapi juga aktivis, seperti Ibu Rachmawati Soekarnoputri dan Ratna Sarumpaet," ujar dia.

Sebelumnya, beredar video berisi percakapan antara pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab dengan pengacara Eggi Sudjana. Video yang berdurasi 41 detik ini, berisi pesan Rizieq kepada Eggi Sudjana.

"Baik Bang Eggi dan kawan-kawan semua yang akan pulang ke Indonesia, kita sudah banyak bertemu, dialog, bermusyawarah, antum membawa pesan yang luar biasa, pesan untuk perjuangan, pulang membawa misi mulia, selamat berjuang," demikian kalimat yang disampaikan Rizieq Shihab.

Dalam video tersebut, tidak hanya terlihat Rizieq dan Eggi saja, melainkan ada beberapa orang lainnya. Di dalam video tersebut, Rizieq Shihab, Eggi, dan lainnya terlihat berbincang di dekat jendela, yang ketika melihat keluar terlihat jelas Kakbah.

Video tersebut direkam saat Rizieq Shihab dan Eggi Sudjana umrah bersama. Video tersebut dibuat pada Jumat, 26 Mei 2017 pagi waktu Mekah.

Eggi Sudjana mengakui isi video tersebut. Ia menjelaskan, dirinya berangkat umrah pada 19 Mei dan kembali ke tanah air pada 27 Mei 2017.

"Saya sudah dapat pesan-pesan khusus dari Habib (rizieq Shihab)," kata dia kepada Liputan6.com, Jakarta, Minggu (28/5/2017).

Ia menjelaskan, amanat tersebut terkait kasus hukum yang membelit Rizieq Shihab. "Akan diumumkan bersama, insyaallah besok, jam 4 sore di rumah Habib (Rizieq Shihab)," tandas Eggi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.