Sukses

Djarot Akan Pasang Metal Detector dan CCTV di Halte Transjakarta

Direktur PT Transjakarta Budi Kaliwono menyatakan pihaknya akan memasang metal detector secara bertahap.

Liputan6.com, Jakarta - Pelaksana tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat meminta agar di setiap Halte Transjakarta dibekali metal detector dan CCTV di setiap sudut. Bagi para keamanan halte juga tetap harus memperhatikan setiap gerak gerik siapa pun yang datang.

"Siapa pun yang masuk halte itu diperiksa. Ada metal detector, diperiksa semua," ujar Djarot saat meninjau lokasi bom di Kampung Melayu, Jakarta Timur, Minggu (28/5/2017).

Djarot memaklumi jika para pengguna Transjakarta merasa tidak nyaman dengan pengamanan yang kian diperketat. Namun hal ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

"Mungkin pertama agak kurang nyaman ya, tetapi lama-lama biasa juga. Seperti kita masuk ke tempat keramaian, itu diperiksa. Untuk pengamanan, bukan untuk kita mempersulit pelanggan, tidak, untuk menjaga betul suasana supaya aman ya," kata dia.

Djarot pun meminta para pengguna transportasi tersebut bisa memaklumi jika suatu saat hal tersebut diberlakukan.

Selain itu, Djarot juga meminta pihak Transjakarta agar bekerja sama dengan aparat kepolisian. Setidaknya aparat kepolisian bisa memantau pihak yang mencurigakan melalui CCTV.

"Kalau ada yang mencurigakan langsung kita akan turun untuk amankan yang bersangkutan. Itu fungsi CCTV," papar Djarot.

Permintaan Djarot tersebut pun sudah ditampung Direktur PT Transjakarta Budi Kaliwono. Budi mengaku sudah menyiapkan metal detector.

"Jadi metal detector ini memang kita akan buat. Walaupun mungkin bukan untuk seluruhnya, jalan itu bertahap. Jadi kita akan lihat nanti progressnya. Kami harapkan untuk minggu depan sudah mulai jalan dengan metal detector," kata Budi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.