Sukses

Adik Ipar Bomber Kampung Melayu Setop Jahit Usai Diperiksa Densus

Untuk menenangkan diri, adik ipar pelaku bom Kampung Melayu mengurung diri di kamar. Ia hanya sesekali keluar saat salat fardu.

Liputan6.com, Garut - Akibat kondisi mental yang masih shock setelah diperiksa Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror, Jumat, 26 Mei 2017, aktivitas adik ipar pelaku bom Kampung Melayu, H, berhenti sejenak. Selama ini, H diketahui bekerja menjadi penjahit.

"Ya bagaimana lagi, nanti kalau sudah tenang kembali (menerima pesanan)," ujar H, adik ipar pelaku bom Ahmad Sukri, saat ditemui di rumah orang tuanya, Sabtu (27/5/2017), siang, di Garut.

Menurut dia, pemeriksaan Densus 88 cukup menguras mental dan energinya, sehingga satu hari setelah pemeriksaan yang bertepatan dengan hari pertama puasa Ramadan, aktivitasnya sebagai penjahit terpaksa dihentikan.

"Kalau yang mau menjahit banyak, tapi nanti dulu," ujar dia.

Untuk menenangkan diri, H mengaku lebih banyak mengurung diri di kamar. Ia hanya sesekali keluar saat melaksanakan salat fardu.

"Mungkin reuwas (shock), karena memang belum pernah berhubungan dengan alat negara seperti kemarin," ujar orangtua H, Agus Sopandi.

Agus mengatakan, sehari-hari, anaknya menerima banyak pesanan jahitan. Namun, karena pemeriksaan kemarin, H terpaksa berhenti menjahit sementara.

"Mungkin nanti juga dilanjut lagi, tapi tidak tahu kapan," kata Agus.

Berdasarkan pengalaman, orderan menjahit pakaian saat Ramadan terbilang tinggi, termasuk orderan kali ini sudah banyak yang masuk.

Agus mengaku tidak tahu persis persoalan yang dihadapi anaknya, termasuk pertanyaan apa yang diterima anaknya saat pemeriksaan Jumat kemarin.

"Saya tidak tahu dia sendiri tidak bicara, cuma kemarin saat diwawancara kan sudah bilang saya tidak tahu apa-apa," papar Agus.

Pada Jumat, 26 Mei 2017, Densus 88 menjemput H bersama istri dan anaknya yang masih bayi. Keterangan H dan istrinya dibutuhkan petugas untuk mengetahui secara pasti posisi istri Ahmad Sukri, pelaku bom Kampung Melayu, Jakarta Timur. Istri Sukri merupakan kakak dari istri H.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.