Sukses

Dapat Dukungan PKB, Gus Ipul Cari Koalisi Hadapi Pilgub Jatim

Gus Ipul mengaku, dalam waktu dekat, koalisi Jawa Timur yang diimpikan itu terwujud untuk hadapi Pilgub Jatim 2018.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf atau Gus Ipul mengucapkan terima kasih kepada Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar, yang telah mengusungnya  maju di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur 2018.

"Saya berterima kasih diberi kepercayaan oleh PKB. Saya juga akan mengumpulkan kekuatan lain untuk membentuk koalisi Jawa Timur," tutur Gus Ipul usai membuka Festival Ramadan 2017 di Masjid Agung Al Akbar Surabaya, Jumat 26 Mei 2017 petang.

Gus Ipul mangatakan, akan mengumpulkan kekuatan semua partai untuk membangun koalisi. Menurut dia, koalisi Jawa Timur yang dimaksudkan itu bertujuan untuk membangun suasana tinggal dingin.

"Maksud koalisi yang mungkin berbeda dengan koalisi di provinsi-provinsi lain. Kita ingin persaingan di sini tetap adem. Tidak perlu panas," kata dia.

Gus Ipul juga ingin mengajak semua pihak dalam satu barisan. Sehingga tidak ada partai yang merasa ditinggal. "Ini berangkat dari spirit kebersamaan yang disampaikan oleh kiai-kiai," ucap dia. 

Gus Ipul juga mengaku, dalam waktu dekat, koalisi Jawa Timur yang diimpikan itu terwujud, dia akan melakukan pendekatan ke sejumlah pimpinan partai.

"Dalam waktu dekat, saya akan mencoba safari, keliling ke beberapa pimpinan partai, untuk menyampaikan segala hal yang diperlukan. Supaya mereka juga tahu apa yang kami lakukan, apa yang menjadi gagasan-gagasan kami untuk membangun Jawa Timur ke depan," ujar dia.

Data yang dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber, Ketum DPP PKB Muhaimin Iskandar memutuskan akan mengusung Gus Ipul di Pilgub Jawa Timur 2018, setelah melakukan musyawarah dengan para kiai sepuh NU di Ponpes Bumi Sholawat, Sidoarjo pada Kamis 25 Mei 2017.

Keputusan tersebut merupakan tindak lanjut atas surat 21 kiai sepuh NU tertanggal 19 Mei, kepada pengurus partai pemilik 20 kuris di dewan Jawa Timur.

Salah satu poin surat itu adalah, agar PKB satu suara di Pilgub Jawa Timur, dan hasilnya adalah mengusung Gus Ipul.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini