Sukses

Ridwan Kamil Inginkan Ulama Jadi Pendampingnya di Pilkada Jabar

Ridwan Kamil yang berasal dari keluarga pesantren, mendapat dukungan dari forum Pondok Pesantren Ciayumajakuning.

Liputan6.com, Cirebon - Keinginan Ridwan Kamil atau Kang Emil maju dalam Pilkada Jabar 2018 semakin kuat. Emil yang berasal dari keluarga pesantren kini mendapat dukungan dari forum Pondok Pesantren se-Cirebon, Indramayu, Majalengka, dan Kuningan (Ciayumajakuning).

"Karena posisi pesantren berada di tengah, terasa oleh saya yang bersama keluarga mengurusi delapan ponpes harus iuran keluarga, proposal sana sini," kata Emil saat bertemu forum Ciayumajakuning di Cirebon belum lama ini.

Menurut Kang Emil, pondok pesantren harus bangkit dan maju, jangan hanya dari segi keislamannya, tapi juga perekonomiannya.

Selain mendapat dukungan pesantren di Cirebon, dari silsilah keluarga, Kang Emil juga memiliki keturunan Kota Udang. Karena itu, secara kultural memiliki ikatan keluarga dan ikatan batin.

"Kearifan lokal Cirebon perlu ditingkatkan, ekonomi menjadi isu utama. Jika ada kesempatan saya akan tingkatkan ekonomi pesantren juga," ujar Wali Kota Bandung itu.

Pada kesempatan tersebut, Emil juga berharap sosok wakil yang akan menjadi pendampingnya berasal dari kalangan ulama.

"Kriteria pendamping dari mana saja, kalau bisa datang dari ulama, saya kira lebih afdol," kata dia.

Sementara itu, pengasuh Pondok Pesantren Buntet Cirebon Kiai Adib menyampaikan dukungannya kepada Emil untuk maju Pilkada Jabar 2018. Menurut dia, sosok Emil sudah waktunya memimpin Jabar.

Apalagi, kata Adib, Emil juga lahir dari keluarga besar pondok pesantren yang memiliki sejarah perjuangan yang sama terhadap NKRI. "Dari kami, Ponpes Buntet insyaallah mendukung, yang penting istikamah," Adib menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.