Sukses

Jelang Ramadan, Harga Sejumlah Bahan Pokok Merangkak Naik

Sejumlah harga komoditas pokok mengalami kenaikan sehari jelang bulan puasa.

Liputan6.com, Jakarta - Para ibu memadati Pasar Rebo, Purkawarta, Jawa Barat, Jumat siang. Meski harga bahan pokok terus merangkak naik. Hal tersebut tidak mempengaruhi minat mereka untuk tetap berbelanja.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Jumat (26/5/2017), mereka tidak punya pilihan agar bisa memenuhi kebutuhan untuk bulan puasa. Sebab, daging sapi harganya sudah mencapai Rp 130 ribu per kilogram meski sebelumnya Rp 110 ribu. Begitu juga dengan daging ayam yang sudah mencapai Rp 40 ribu per kilogram atau naik Rp 5 ribu.

Warga heran lantaran kenaikan harga daging sudah rutin setiap tahun. Namun, pemerintah belum mampu mengatasi masalah ini.

Tak berbeda dengan harga di Pasar Beringharjo, Yogyakarta. Selain daging dan ayam, kenaikan juga terjadi pada telur, minyak goreng dan bawang putih. Harga telur sudah Rp 23 ribu per kilo meski sebelumnya Rp 17 ribu rupiah.

Bahkan, bawang putih naik hingga dua kali lipat karena sekarang sudah mencapai Rp 60 ribu per kilo. Sedangkan minyak goreng naik Rp 2 ribu dari sebelumnya Rp 14 ribu per kilo. Para pedagang mengaku menaikkan harga karena sudah naik dari tingkat pemasok.

Di Samarinda, warga masih bisa membeli daging sapi seharga Rp 120 ribu per kilogram saat berbelanja di pasar tradisional Segiri. Namun, mereka harus membeli bawang putih dengan harga Rp 55 ribu per kilogram.

Sementara itu, warga khawatir jika menjelang Idul Fitri kenaikan harga bisa tak terkontrol. Mereka pun berharap pemerintah harus turun tangan mengendalikan harga.