Sumber Air Tawar di Dalam Laut

  • Daerah
  • 0
  • 16 Sep 2010 05:44

100916amata-air.jpg
Liputan6.com, Manggarai Barat: Keajaiban alam ditemukan di Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, baru-baru ini, tepatnya di Laut Nanga Lili, Lembor. Dari dalam laut ini muncul sebuah mata air tawar yang disebut penduduk lokal sebagai mata air wae wene.

Sejatinya mata air ini memang tertutup air laut yang berada di atasnya. Dan untuk mengambil air ini, warga harus menunggu sampai air laut surut. Anehnya, air ini tidak asin meski ada di laut.

Sejak dulu, ratusan kepala keluarga warga Desa Repi sudah mengonsumsi air tawar ini untuk keperluan minum. Bahkan, air ini tidak perlu direbus dulu karena airnya sangat jernih dan bisa meminumnya langsung.

Menurut warga, air wae wane memiliki mitos. Selama masa kehamilan, seorang ibu rajin mengonsumsi air ini maka anak yang akan dilahirkan bakal memiliki tingkat kecerdasan tinggi.

Kehadiran mata air tawar dari dalam laut ini merupakan sumber hidup bagi warga Desa Repi dan Pantai Nanga Lili. Apalagi. wilayah ini belum tersentuh pembangunan sumber air minum bersih yang dijanjikan pemerintah.(BOG)
Terpopuler