Sukses

Jelang Ramadhan, Makam Gus Dur Ramai Dikunjungi Peziarah

Peziarah di makam Gus Dur semakin ramai dalam sepekan terakhir.

Fokus, Jawa Tengah - Menjelang bulan Ramadhan, tradisi nyekar atau ziarah ke makam orang tua, biasa dilakukan sebagian umat Islam. Hal itu juga dilakukan Presiden Joko Widodo. Selain itu, makam mantan presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur) juga dipadati peziarah.

Seperti yang ditayangkan Fokus Sore Indosiar, sejak sepekan terakhir, peziarah di makam Gus Dur semakin ramai. Para pengunjung yang datang, selain dari kawasan Jawa Timur, juga dari daerah-daerah lain di Pulau Jawa. Para peziarah menggelar zikir, tahlil dan doa bersama di depan pusara.

Sementara itu, Presiden Joko Widodo, bersama ibu negara Iriana dan keluarganya juga berziarah ke makam mendiang ayahnya, Noto Miharjo, di TPU Mundu, Desa Selokaton, Gondangrejo, Karang Anyar, Jawa Tengah.

Dan tradisi serupa juga dilakukan ratusan warga di Makassar, Sulawesi Selatan. Selain membersihkan makam, keluarga dan kerabat juga memanjatkan doa, seperti yang dilakukan di pemakaman Panaikang, Makassar. Kegiatan ini menjadi kegiatan rutin menjelang puasa tiba.