Sukses

Ucapan Selamat Jokowi untuk Gelar Honoris Causa Ketua Umum MUI

Ma'ruf Amin sempat menyampaikan orasi ilmiah berjudul 'Solusi Hukum Islam sebagai Pendorong Arus Baru Ekonomi Syariah di Indonesia'.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Jokowi secara khusus datang menyaksikan langsung pemberian gelar Doktor Honoris Causa dan Guru Besar kepada Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Ma'ruf Amin. Proses pemberian gelar dilaksanakan di Universitas Islam Nasional Maulana Malik Ibrahim, Malang, Jawa Timur.

Ma'ruf Amin kini resmi menyandang gelar Prof Dr (HC). Selain itu, dia juga mendapat gelar Guru Besar bidang Ilmu Ekonomi Muamalat Syari'ah pada Fakultas Syari'ah, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Sebelum prosesi memberian gelar, Ma'ruf Amin menyampaikan orasi ilmiah berjudul 'Solusi Hukum Islam (Makharij Fiqhiyyah) sebagai Pendorong Arus Baru Ekonomi Syariah di Indonesia'.

Rais Aam Nahdlatul Ulama itu kemudian menerima Surat Keputusan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi yang diserahkan secara langsung oleh Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi M Nasir.

Tak berapa lama, Ketua Senat Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang Imam Prayogo menutup Rapat Terbuka Senat Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Jokowi yang sedari awal hadir dan mendengarkan orasi yang disampaikan Ma'ruf lalu berdiri dari kursinya. Dia maju ke panggung dan menyalami Ma'ruf sekaligus menyampaikan ucapan selamat atas gelar baru itu.

Setelah itu, menyusul Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi M Nasir, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa, Anggota Dewan Pertimbangan Presiden Sidarto Danusubroto, dan Gubernur Jawa Timur Soekarwo memberikan ucapan selamat kepada Ma'ruf Amin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Ma'ruf Amin merupakan ulama yang digandeng Jokowi untuk menjadi cawapres dalam Pemilihan Presiden 2019.
    Ma'ruf Amin merupakan ulama yang digandeng Jokowi untuk menjadi cawapres dalam Pemilihan Presiden 2019.

    Ma'ruf Amin

  • MUI adalah lembaga independen yang mewadahi para ulama, zuama, dan cendikiawan Islam untuk membimbing, membina, dan mengayomi umat Islam di

    MUI