Sukses

Jokowi: Tidak Benar Hubungan Saya dan Pak JK Retak

Presiden Jokowi menegaskan bahwa hubungannya dengan Wapres Jusuf Kalla saat ini tidak seperti yang dipersepsikan publik.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla telah menampik kabar yang menyebutkan hubungannya dengan Presiden Jokowi tidak harmonis. Presiden Jokowi juga menegaskan bahwa hubungannya dengan Jusuf Kalla saat ini tidak seperti yang dipersepsikan publik.

"Saya setiap hari ketemu dengan wapres, bertemu dengan Pak Jusuf Kalla. Setiap saat kita makan bersama. Jangan sampai ada isu-isu yang berusaha untuk memecah kita," ujar Jokowi dalam wawancara khusus yang ditayangkan Liputan6 SCTV dari Istana Bogor, Rabu (24/5/2017).

Jokowi menegaskan, isu yang berkembang bahwa hubungannya dengan JK tak harmonis usai Pilkada DKI 2017 tidaklah benar. Jokowi sampai saat ini masih bekerja bersama-sama untuk negara.

"Tidak benar (hubungan dengan JK retak). Karena kita ini bekerja bersama-sama untuk negara. Saya setiap hari ketemu, jadi apa saja yang harus saya ceritakan?" kata Jokowi

Setelah Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan mengungkap peran JK pada pencalonan Anies Baswedan di Pilkada DKI Jakarta, publik beranggapan hubungan Jokowi dan JK tidak baik. Hal ini juga sempat ramai di media sosial.

Persepsi publik semakin tajam ketika JK tidak ikut hadir mendampingi Jokowi ketika menggelar pertemuan dengan tokoh lintas agama, pada 17 Mei 2017. Pagi harinya, Jokowi menerima kunjungan kenegaraan Presiden Lithuania.

Saat itu, JK harus pergi ke London untuk memberikan kuliah umum berjudul "Moderate Islam: Indonesia's Experience" di Universitas Oxford. 

Spekulasi ini mulai dipatahkan perlahan. JK turut mengantar Jokowi sebelum berangkat menuju Arab Saudi di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta. Keduanya juga berbincang sepanjang perjalanan dari ruang tunggu VVIP menuju pesawat kepresidenan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla atau sering ditulis Jusuf Kalla atau JK adalah Wakil Presiden Indonesia yang menjabat sejak 20 Oktober 2014.
    Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla atau sering ditulis Jusuf Kalla atau JK adalah Wakil Presiden Indonesia yang menjabat sejak 20 Oktober 2014.

    Jusuf Kalla

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • JK

  • Jokowi-JK