Sukses

Kata JK soal Ahok Cabut Banding

Wakil Presiden Jusuf Kalla meminta semua pihak menghormati sikap Ahok mencabut banding.

Liputan6.com, Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok telah mencabut banding putusan Pengadilan Negeri Jakarta Utara yang memvonisnya hukuman penjara 2 tahun. Keputusan ini disampaikan Ahok melalui keluarga dan pengacaranya, Selasa, 23 Mei 2017.

Menurut pengacaranya, langkah ini dilakukan Ahok demi mengalah untuk umum.

Terkait hal ini, Wakil Presiden Jusuf Kalla meminta semua pihak menghormati sikap Ahok. Sebab, itu adalah hak pribadi mantan Bupati Belitung Timur tersebut.

"Soal banding Ahok, ya ini hak pribadi Ahok. Karena beliau tidak mau banding, ya kita hormatilah," ucap pria yang akrab disapa JK di rumah dinasnya, Jakarta, Selasa (23/5/2017).

Dikonfirmasi soal isu yang menyebutkan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) meminta agar Ahok dibebaskan, JK menyatakan tidak percaya bahwa itu memang dikeluarkan oleh organisasi dunia tersebut.

"Saya yakin bukan PBB. Mungkin orang-orang yang ada. PBB, kalau keputusannya itu harus kayak kita, paripurna. Tidak boleh ada keputusan satu orang mengatasnamakan PBB," tegas JK.

Dia menegaskan, tidak boleh ada satu pihak pun mengintervensi urusan dalam negeri Indonesia. Apalagi soal hukum.

"Mereka tidak boleh campuri urusan kita, hukum kita. Siapapun enggak boleh. Kalau orang sudah boleh saling mencampuri urusan hukum negara ini, dunia bisa menjadi ladang pertentangan," ujar JK.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, politikus yang kini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta
    Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, politikus yang kini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta

    Ahok

  • Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla atau sering ditulis Jusuf Kalla atau JK adalah Wakil Presiden Indonesia yang menjabat sejak 20 Oktober 2014.
    Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla atau sering ditulis Jusuf Kalla atau JK adalah Wakil Presiden Indonesia yang menjabat sejak 20 Oktober 2014.

    Jusuf Kalla

  • Ahok Banding

Video Terkini