Sukses

Kemesraan Jokowi dan JK Usai Pilkada DKI

Jokowi dan JK tampak begitu dekat dan hangat di Istana Kepresidenan, Bogor.

Liputan6.com, Bogor - Hubungan Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla atau JK menjadi sorotan selepas Pilkada DKI Jakarta. Hubungan keduanya dikabarkan renggang setelah JK diketahui menjadi aktor di balik majunya pasangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno melawan Ahok-Djarot.

Tapi, anggapan itu dipatahkan sore ini. Jokowi dan JK tampak begitu dekat dan hangat di Istana Kepresidenan, Bogor.

Jokowi dijadwalkan memimpin Rapat Terbatas terkait tindak lanjut dari The Belt and Road Forum yang diselenggarakan di Tiongkok beberapa waktu lalu. Rupanya, Jokowi dan JK berjalan bersama menuju ruang rapat.

Jokowi dan JK keluar dari ruang Garuda. Sejak keluar, keduanya terus berbincang santai. Tak terdengar apa yang dibahas keduanya. Keseruan itu bahkan membuat Jokowi dan JK tertawa.

Mensesneg Pratikno dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung yang ikut berjalan di belakang Jokowi dan JK juga ikut tertawa. Sampai akhirnya mereka masuk ke Ruang Teratai untuk memulai rapat terbatas.

Setelah Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan mengungkap peran JK pada pencalonan Anies di Pilkada DKI Jakarta, publik beranggapan hubungan Jokowi dan JK tidak baik. Hal ini juga sempat ramai di media sosial.

Persepsi publik semakin tajam ketika JK tidak ikut hadir mendampingi Jokowi ketika menggelar pertemuan dengan tokoh lintas agama, pada 17 Mei 2017. Pagi harinya, Jokowi menerima kunjungan kenegaraan Presiden Lithuania.

Saat itu, JK harus pergi ke London untuk memberikan kuliah umum berjudul 'Moderate Islam: Indonesia's Experience' di Universitas Oxford. Sehingga tidak dapat ikut mendampingi Jokowi dalam pertemuan dengan tokoh lintas agama.

Spekulasi ini mulai dipatahkan perlahan. JK turut mengantar Jokowi sebelum berangkat menuju Arab Saudi di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta. Keduanya juga berbincang sepanjang perjalanan dari ruang tunggu VVIP menuju pesawat kepresidenan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • JK

Video Terkini