Sukses

Mensos Target Indonesia Bebas Gelandangan dan Pengemis di 2019

Program bebas gepeng, merupakan hasil rapat koordinasi Kemensos dengan dinas sosial tingkat provinsi dan kabupaten/kota se-Indonesia.

Liputan6.com, Surabaya - Menteri Sosial (Mensos) Khofifah Indar Parawansa menargetkan Indonesia bebas gelandangan dan pengemis atau gepeng di 2019.

"Untuk masalah gepeng memang ada target dari Kemensos, akhir 2019 Indonesia bisa bebas gepeng," ujar Khofifah dalam keterangan, Senin (22/572017).

Program bebas gepeng, merupakan hasil rapat koordinasi Kemensos dengan dinas sosial tingkat provinsi dan kabupaten/kota se-Indonesia. Langkah ini diharapkan bisa menyelesaikan permasalahan terkait gepeng.

Dalam koordinasi tersebut membuahkan keputusan cara penyelesaian masalah gepeng. Salah satunya dengan menyiapkan perkampungan khusus gepeng.

"Cara yang dilakukan seperti di Kota Malang. Di sana ada perkampungan gepeng yang sekarang jadi wisata seribu topeng. Dari kampung gepeng menjadi wisata seribu topeng dan tiap akhir pekan didatangi wisatawan," kata dia.

Selain di Malang, model ini telah diterapkan di beberapa daerah. Di antaranya di Pasuruan, Padang, Kulonprogo dan beberapa daerah lain.

"Mereka ini adalah daerah yang sudah menyiapkan lokasi untuk pemberdayaan ekonomi dan sosial," ujar Mensos Khofifah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini