Sukses

Basarnas Evakuasi 198 Penumpang KM Mutiara Sentosa yang Terbakar

Berdasarkan manifes, jumlah penumpang yang diangkut adalah 198 orang, diantaranya 37 orang crew ABK dan 161 penumpang.

Liputan6.com, Sumenep - Seluruh penumpang Kapal Motor (KM) Mutiara Sentosa 1 yang terbakar di Pulau Masalembu, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, dievakuasi ke Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya.

Evakuasi dilakukan sekitar pukul 12.00 WIB, Sabtu(20/5/2017). Kapolres Sumenep, AKBP Joseph Ananta Pinora mengatakan, penumpang KM Mutiara Santosa 1 milik PT. Antosim Lampung Pelayaran (ALP) rute Surabaya-Balikpapan ini, dinakhodai oleh Edi Sarwoko.

Berdasarkan catatan perjalanan atau manifes, jumlah penumpang yang diangkut adalah 198 orang, di antaranya  37 orang crew Anak Buah Kapal (ABK) dan 161 orang penumpang.

"Dari 186 orang saat ini berada di KM Dharma Kartika dalam perjalanan menuju Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya. Itu nanti diperkirakan sampai di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, pada pukul 21.00 WIB," Pinora menjelaskan.

Sedangkan tiga orang penumpang selamat yang sempat dirawat di Puskesmas Masalembu bersama lima korban meninggal dunia telah dibawa Tim Basarnas menuju Surabaya dengan menggunakan kapal KN 225, dan dua penumpang selamat tadi malam telah dibawa oleh KM Meratus menuju Pelabuhan Makassar, Sulawesi Selatan.

"Secara kebetulan waktu kejadian sedang melintas KM Meratus dari Surabaya menuju Makassar, sehingga mereka juga ikut membantu mengevakuasi dua orang korban yang selamat," kata Pinora.

Pihaknya memastikan korban kapal terbakar di perairan salah satu pulau di ujung timur Pulau Garam ini sudah terevakuasi secara keseluruhan.

"Pukul 15.27 WIB, jenazah telah berangkat menuju Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya," ucap dia.

KM Mutiara Sentosa 1 yang terbakar saat ini ditenggelamkan 1,5 Mil timur laut pulau Masalembu. Langkah ini agar tidak mengganggu lintasan kapal lain yang hendak menyeberangi jalur tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.