Sukses

KM Mutiara Sentosa Terbakar di Pulau Masalembu Madura

Liputan6.com, Sumenep - Kapal Motor (KM) Sentosa 1 terbakar di perairan Pulau Masalembu, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, pukul 18.00 WIB, Jumat 19 Mei 2017. Api yang kian membesar membuat nakhoda mengeluarkan perintah untuk meninggalkan kapal (abandon ship) sehingga seluruh penumpang dipindahkan ke sekoci.

Kasubag Humas Polres Sumenep AKP Suwardi mengatakan, setelah 15 menit kapal terbakar, pihak terkait bergegas mendatangi lokasi kejadian untuk memberikan pertolongan kepada penumpang. Mereka mengarungi lautan menuju tempat kejadian di tengah perairan sekitar 3 mil timur laut Pulau Masalembu.

"Kebakaran terjadi di car deck, api semakin membesar, tidak bisa dipadamkan dengan apar dan sprinkle. Nakhoda kapal memerintahkan abandon ship. POB dan ABK saat ini berada di sekoci dan liferaft," jelas Suwardi, Jumat malam 19 Mei 2017.

Kapal Motor (KM) Mutiara Sentosa 1 terbakar di posisi 05°33.01 S - 114° 34.25 E (3 NM timur laut Pulau Masalembu). Saat terbakar, kapal itu sedang mengangkut penumpang sekitar 134 orang dan Anak Buah Kapal (ABK) sebanyak 44 orang.

Selain pihak terkait dari Pulau Masalembu, Kapal Motor (KM) Meratus Makassar juga sedang merapat untuk mengevakuasi POB dan ABK yang ada di kapal terbakar.

"Kantor SAR Surabaya menggerakkan KN SAR 225 Surabaya menuju TKM," ucap dia.

Sebanyak delapan perahu dikerahkan oleh Syahbandar Pulau Masalembu bersama pihak terkait untuk membantu menyelamatkan serta mengevakuasi penumpang kapal terbakar tersebut. Dengan penanganan cepat ini diharapkan keberadaan penumpang dapat dievakuasi dalam keadaan selamat.

Sampai saat ini penumpang sudah mulai dievakuasi ke daratan. Namun belum diketahui secara pasti jumlah penumpang yang belum berhasil diselamatkan.

Artikel Selanjutnya
Basarnas Evakuasi 198 Penumpang KM Mutiara Sentosa yang Terbakar
Artikel Selanjutnya
KM Mutiara Sentosa Ditenggelamkan Usai Penumpang Dievakuasi